Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siap Sokong Standar Emisi Euro IV

Kompas.com - 08/03/2016, 18:15 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis


Jakarta, Kompas
– PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku siap menyambut rencana pemerintah menggulirkan regulasi standar emisi Euro IV mulai 2018, sesuai yang direncanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Menanggapi isu ini, Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, mengatakan, pihak perusahaannya sudah punya kecakapan dalam teknologi yang dimaksud.

“Kesiapan ikut EURO IV dari produk Honda tidak ada masalah. Semua produk Honda seperti HR-V dan CR-Z ini sudah Euro IV,” ujar Jonfis di Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Produk Honda yang sudah beredar di pasaran dunia saat ini sudah memenuhi standar emisi Euro IV, bahkan sudah tidak kompatibel dengan standar Euro II yang berlaku di Indonesia. Menurut Jonfis, isu yang lebih penting saat ini adalah bagaimana kejelasan implementasi regulasi ini ke industri otomotif 

Salah satu faktor yang berkaitan erat dengan suksesnya regulasi ini, adalah mutu bahan bakar di Indonesia. Level emisi yang lebih baik mustahil bisa dicapai tanpa bahan bakar yang berkualitas, masuk kriteria Euro IV.

Rencananya pada tahun ini, regulasi pengenai standar emisi Euro IV akan di tanda tangani. Standar emisi Euro IV berlaku untuk kategori mobil baru (new product). Sementara untuk kendaraan yang sedang berjalan teknologinya saat ini (current product), bisa menyusul ikut pada 2020.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com