Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Pertahankan Ban Cadangan

Kompas.com - 02/03/2016, 11:12 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beda seperti merek premium lain, Lexus Indonesia menyatakan tidak menawarkan teknologi Run Flat Tire (RFT) yang memungkinkan mobil dijual tanpa ban cadangan. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, mengatakan, mau menjual yang “normal-normal saja”.  

“Sebenarnya kami ditawarkan juga RFT, tapi kan ada ketidakuntungannya, keras. Kalau Lexus kan maunya kenyamanan,” kata Adrian selepas peluncuran LX 570 dan All-New GS di Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Logo Lexus pada NX200t.
Lexus Indonesia pernah menawarkan RFT di sedan IS pada 2008. Tetapi tidak seperti mobil mewah lain yang kini dijual tanpa ban cadangan, kala itu IS tetap membawa lima ban.

Ban cadangan merupakan perlengkapan mobil yang diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kepentingannya disebut sejajar dengan sabuk pengaman. Pengemudi mobil tanpa ban cadangan bisa dikenai hukuman pidana.

Lexus Indonesia tertarik menggunakan teknologi RFT bukan pada mobil-mobil harian. Adrian menjelaskan ada kemungkinan RFT dipakai pada model sport, meski begitu ban cadangan tetap ada.

“RFT ada, ban cadangan juga. Ban cadangan harus ada, memang kan peraturannya mengharuskan ada. Lexus kan bagian dari Astra, nah kami yang normal-normal saja,” ujar Adrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com