Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fortuner Laris Manis di Bandung

Kompas.com - 24/01/2016, 09:39 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


Bandung, KompasOtomotif – Kota Bandung, Jawa Barat, menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, yang mencatat penjualan tertinggi Toyota Fortuner. Minat warga Bandung terutama komunitasnya sangat besar terhadap SUV ini.

“Populasi terbesar ada di Jakarta berkisar 29-30 persen, kedua Bandung 28 persen, diikuti Surabaya, dan Medan,” ujar Area Manager Jawa Barat PT Toyota Astra Motor (TAM)  Dicky Zulkarnaen kepada KompasOtomotif, di sela-sela peluncuran All New Fortuner di Bandung, Sabtu (22/1/2016).

Dicky mengungkapkan, Bandung dan Jawa Barat pada umumnya menjadi andalan penjualan All New Fortuner. Karena Jabar merupakan salah satu penyumbang terbesar penjualan Fortuner mencapai 400 unit per bulan, atau 19% dari angka nasional sebesar 1.500 unit.

“Pangsa pasar Fortuner 2015 sebesar 33,1 perseb. Itu karena di kuartal empat kami tidak jualan karena keterbatasan unit. Normalnya, market share Fortuner di Jabar 37-38 persen,” ungkap Dicky.

Sementara itu, Operational Manager Auto 2000 Jabar, Gondo Handoko mengatakan, dari total market MPV 4x2 SUV high area Jawa Barat sejumlah 5.127 unit, Toyota Fortuner berhasil meraih penjualan sebesar 1.699 unit atau 33,1 persen dari total penjualan.

“Jumlah ini turun 12 persen dibanding 2014 yang mencapai 5.800-5.900 unit per tahun,” tutur Gondo.

Namun, dengan peluncuran produk baru ini, ia optimis, pasar akan kembali normal ke posisi 5.800-5.900 unit pern bulan. Hal ini didukung karena produk yang berkualitas, komunitasnya yang kuat, serta kecintaan pengguna SUV pada Fortuner.  

Gondo menjelaskan, All New Fortuner menghadirkan teknologi engine terbaru dari mesin GD dengan VN-Turbo intercooler untuk diesel dan mesin bensin yang dilengkapi teknologi baru Dual VVT-i. Selain dalam hal mesin, All New Fortuner memiliki keunggulan lainnya seperti eksterior lebih elegan, serta interior mewah dan canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com