Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status "Rekor dan Stagnan" Honda pada 2015

Kompas.com - 06/01/2016, 07:42 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Pada saat industri otomotif tengah menghadapi kondisi yang sulit, ketika merek-merek pada anjlok penjualannya, Honda justru berbangga diri karena berhasil menorehkan rekor penjualan baru.

Uniknya, kenaikan penjualan ini terbilang sangat tipis kalau dibandingkan dengan hasil penjualan pada 2014. Bagi sebagian kalangan industri, angka yang mirip-mirip seperti ini dikategorikan dengan hasil stagnan alias jalan di tempat.

Menutup 2015, faktanya PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah beroperasi di Indonesia, dengan hasil 159.253 unit. Hasil ini cuma terpaut 106 unit, jika dibandingkan periode tahun sebelumnya (2014) yang tercatat 159.147 unit.

Tidak jelek
Hasil penjualan yang ditorehkan HPM tahun lalu bisa dibilang tidak jelek jika dibandingkan merek-merek Jepang lain yang terperosok. Honda berhasil mempertahankan tren positif, tetap mencatatkan nilai rapor biru bagi ranting usahanya di Indonesia.

Lantas, model-model apa saja yang berjasa, berhasil mempertahankan kinerja perusahaan tetap positif di kala pasar mobil nasional ambles 17,8 persen (periode Januari-November 2015)?

Model terlaris pertama Honda tidak lain adalah Mobilio. Kendaraan multiguna ini terjual 42.932 unit sepanjang tahun, bersaing di segmen terlaris di Indonesia "mobil sejuta umat" MPV low.

Donny Apriliananda PT Honda Prospect Motor akan mengubah lubang takngi Brio Satya.

HR-V
Kedua, sumbangan diberikan oleh model yang baru mulai dipasarkan sejak awal 2015, yakni HR-V. Sport utility vehicle (SUV) kompak ini berhasil terjual 37.647 unit. “Hadirnya HR-V sebagai produk baru pada 2015 dan penyegaran yang dilakukan untuk berbagai produk lainnya ikut memberi kontribusi signifikan terhadap hasil penjualan yang dicapai Honda," kata Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, dalam keterangan resminya, Rabu (6/1/2016) dini hari.

Model terlaris ketiga adalah "mobil murah" Brio Satya, dengan sumbangan 31.820 unit. Seperti diprediksi sejumlah kalangan pelaku industri, segmen low cost and green car (LCGC) bakal mulai membesar pada 2015 dan tren ini akan berlanjut ke 2016.

HPM Sedan mini andalan Honda di Indonesia, buah impor CBU dari Thailand.

Jazz yang bertahun-tahun sebelumnya selalu menjadi tulang punggung penjualan Honda menyumbangkan 17.345 unit. Sementara Brio yang bukan "mobil murah" terjual 11.776 unit sepanjang tahun lalu.

Kemudian, ada CR-V dengan torehan 10.750 unit, Freed 3.288 unit, dan Odyssey 387 unit. Dari segmen sedan, City masih mendominasi dengan penjualan 1.818 unit, disusul Civic 840 unit, Accord 511 unit, dan CR-Z 139 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com