Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti bahwa Mekanik Nissan "Jago-jago"

Kompas.com - 21/12/2015, 09:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif - Selain menaikkan tingkat kepuasan calon dan pengguna mobil Nissan, kompetisi sales and aftersales yang diselenggarakan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga berdampak langsung pada kemampuan para mekanik. Juara di ajang ini tak hanya diakui skill-nya di Indonesia, tetapi juga sampai level ASEAN.

Setiap dua tahun sekali NMI mengirimkan para juara di kompetisi internal ini di ajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja. Mereka diadu dengan mekanik-mekanik merek lain, lalu diambil beberapa juara nasional untuk dikirim ke lomba serupa, ASEAN Skill Competition (ASC).

Nyatanya, beberapa kali mekanik Nissan mampu jadi juara nasional dan menggondol juara di ASC. "Kami terus mengembangkan skill para mekanik, service advisor, dan pramuniaga lewat kontes tahunan di Nissan College sebagai pusat pendidikan dan pengembangan talent NMI. Hasilnya cukup menggembirakan," ujar GM Nissan College NMI Agung Nugroho, Sabtu (19/12/2015) di Tangerang.

Contohnya, finalis Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) Agung Mahendra 2008 berhasil menyabet juara pertama ASC 2012. Lalu ada finalis NISTEC 2012, Royani yang juga menggondol posisi ke-3 ASC 2013.

Pemenang di ajang kontes skill mekanik tahun ini yang baru saja diumumkan di Nissan College diler Nissan Gading Serpong, BSD, Tangerang, Sabtu (19/12/2015), juga dipastikan bakal mengikuti ajang serupa, tetapi terlebih dahulu mengikuti saringan tingkat nasional.

"Fighter"

Para pemenang dalam kontes mekanik, service advisor, dan pramuniaga yang diselenggarakan NMI menciptakan bibit-bibit yang sudah punya mental juara. Tak heran, mereka berhasil juga di jenjang karier dengan kenaikan jabatan.

"Memang bukan jaminan, tapi kenyataannya begitu. Pasti kelihatan kelebihan mereka, dari mental yang fighter. Dari sana, atasan mereka sudah pasti memproyeksikan para pemenang kompetisi ini jabatan yang lebih tinggi," kata Teddy Irawan, Vice President, After-Sales, TCS, Product Planning NMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com