Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-RR Makin Mengancam di MotoGP

Kompas.com - 18/11/2015, 17:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Suzuki merilis foto pertama GSX-RR MotoGP untuk musim balap 2016, bersamaan dengan konferensi pers di EICMA, Milan, Italia (17/11/2015). Beberapa perubahan terdapat pada bodi, namun lebih dari itu, performa juga diklaim naik.

Warna kebesaran, biru kehijauan kombinasi kuning tetap dipertahankan. Namun corak berubah, meski tidak jauh beda dengan edisi dua tahun terakhir. Garis kuning yang melingkar di batok kepala kini dibuat lebih dinamis dengan bentuk garis tajam. Tulisan ”Suzuki” pada bodi tetap mendominasi.

Ubahan sesungguhnya ada di balik fairing, dimana Suzuki mulai menggunakan girboks seamless yang membuat perpindahan gigi semakin halus. Komponen ini berarti sudah setara dengan Honda dan Yamaha yang lebih dulu sukses mengadopsinya. Performa juga naik, meski belum ada detail info.

Eiji Mochizuki, GM of Motorcycle Operations Suzuki mengatakan bahwa tim Suzuki Ecstar akan melanjutkan perburuan kemenangan dengan joki Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Davide Brivio juga akan tetap menjadi manajer tim.

”Kami akan memberikan mesin terbaik melalui GSX-RR untuk Maverick dan Aleix demi bersaing dengan penunggang terdepan, juga memberikan senyum untuk para fans Suzuki,” ujar Mochizuki.

Pada musim 2015, Vinales mendapatkan predikat sebagai Rookie of the Year, dan performa Aleix yang agresif juga mendapat respons positif. Suzuki juga beberapa kali menyodok di depan saat start, meski kemudian tak mampu menahan keperkasaan Yamaha dan Honda di depan.

Modal yang kini dikantongi Suzuki dirasa cukup untuk memberi perlawanan, minimal merebut podium lebih banyak tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com