Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Uji Emisi Paksa Winterkorn “Resign” dari Audi

Kompas.com - 14/11/2015, 07:45 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Ingolstadt, KompasOtomotif – Pil pahit yang ditelan Martin Winterkorn seolah belum hilang. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO Volkswagen AG, Winterkorn kembali resignsebagai pimpinan Audi. Hal itu masih berkaitan dengan skandal uji emisi mobil diesel di Amerika Serikat (AS).

Pria berusia 68 tahun itu, seperti Reuters, Sabtu (14/11/2015) berhenti menjadi bos Audi sejak Rabu (11/11/2015). Mundurnya Winterkorn itu karena ada paksaan dari sejumlah pihak yang berpengaruh di VW Group.

Belum diinformasikan siapa yang akan menggantikan Winterkorn di Audi. Hal ini berbeda ketika ia resign dari VW AG, nama penggantinya sudah ada dan akhirnya mantan CEO Porsche Matthias Mueller, dinobatkan sebagai penerus Winterkorn.

Kasus skandal uji emisi ini memang berat bagi VW AG, mengingat ada 11 juta mobil bermesin diesel di seluruh dunia di bawah Grup Volkswagen, termasuk Audi, yang harus ditarik kembali (recall) untuk perbaikan. Kendaraan tersebut ternyata dilengkapi perangkat lunak untuk dapat memanipulasi kadar emisi gas buang.

Winterkorn itu sendiri seperti dikutip laman Automotive News, CEO asal Jerman bergaji paling tinggi, pendapatannya mencapai 16,6 juta euro per tahun (Rp 271,4 miliar). Kompensasi itu didapat dari Volkswagen AG dan mayoritas pemegang saham Porsche.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com