Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

Intip Sepeda Motor Masa Depan dari Yamaha

Kompas.com - 29/10/2015, 07:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Pada gelaran Tokyo Motor Show 2015 yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang, produsen sepeda motor, Yamaha memamerkan 20 model. Keseluruhannya mencakup sepeda listrik, skuter, motor tiga roda (Leaning Multi-Wheelers/MW), Recreational Off-road Vehicle (ROV) dan satu unit mobil. Ada enam produk debut dunia.

Tahun ini, tema yang diusung adalah "Yamaha Motor Product Orchestra", dimana pengunjung yang datang ke booth Yamaha akan ditawarkan pengalaman yang unik. “Kami juga menampilkan sepeda motor robot, yang menggabungkan motor dengan teknologi robot,” ujar Yamaha dalam keterangan resminya, Rabu (28/10/2015).

Diantara seluruh model yang dipamerkan, pabrikan berlambang garpu tala ini memfokuskan kepada beberapa produk, seperti motor tiga roda (Leaning Multi-Wheelers/LMW), dua konsep motor listrik dan satu motor bertampang retro.

Dimulai dari LMW, berbeda dengan Tricity, motor dengan konfigurasi dua roda di depan dan satu di belakang ini diklaim kemampuan bermanuvernya lebih lincah karena penempatan suspensinya berada di bagian luar kedua roda depan.

Tak kalah menarik, yakni motor konsep retro yang disebut dengan Resonator 125. Motor ini mirip Yamaha SR400 tapi dibuat versi kecilnya. Nama ”Resonator” diambil dari asal-usul Yamaha sebagai pembuat alat dan instrumen untuk bermain musik. Atau jika ditengok dari kamus bahasa Indonesia, Resonator adalah alat yang memperlihatkan resonansi suara pada frekuensi tertentu.

Motor ini memiliki dibekali mesin berkapasitas 125 cc, 4-stroke, satu silinder dan berpendingin cairan serta sudah mengusung sistem pembakaran injeksi.

Terakhir ada dua motor listrik konsep yang diberinama Passion Electric Dirt (PED) dan Passion Electric Street (PES). Sebenarnya, duo motor listrik ini sudah pernah dipamerkan di ajang sama dua tahun lalu. Di Tokyo Motor Show ke 44 ini, keduanya diberinama PES2 dan PED2.

Sama seperti konsep orisinal, PES2 dan PED2 menggunakan paket baterai lithium-ion untuk menggerakkan motor elektrik. Baterai ini ringan, sehingga mendukung bobot ringan kendaraan secara keseluruhan yang hanya 128 kg. Untuk saat ini tidak melepas spesifikasi teknis, kecuali dikatakan bahwa performa keduanya setara dengan motor bensin 50-125 cc.

Indianautosblog Motor konsep Yamaha

Secara dimensi, PED2 memiliki panjang 1.920 mm, lebar 680 mm dan tinggi 1.060 mm, sedangkan PES2 tingginya 2.045 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.205 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com