Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Konsep Baru Tunggangan Listrik Yamaha

Kompas.com - 20/10/2015, 13:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotif – Dua tahun lalu, Yamaha menunjukkan dua konsep sepeda motor elektrik di Tokyo Motor Show yang disebut PES1 dan PED1. Tahun ini, di acara yang sama, Yamaha kembali akan menunjukkan keduanya, namun dalam versi yang lebih baik, yakni PES2 dan PED2.

Passion Electric Dirt (PED) 2 dan Passion Electric Street (PES) 2 berbagi rangka monokok yang sama, serta menggunakan ”otak” Yamaha Smart Power Module. Untuk saat ini tidak melepas spesifikasi teknis, kecuali dikatakan bahwa performa keduanya setara dengan motor bensin 50-125 cc.

Sama seperti konsep orisinal, PES2 dan PED2 menggunakan paket baterai lithium-ion untuk menggerakkan motor elektrik. Baterai ini ringan, sehingga mendukung bobot ringan kendaraan secara keseluruhan yang hanya 128 kg.

Yamaha Konsep Yamaha PED2, sepeda motor listrik untuk off road yang bisa dipakai di jalanan.
Pada model jalanan, terdapat motor kedua di bagian rida depan, membuatnya menjadi sepeda motor berpenggerak dua roda. Ban depan ini pakai suspensi tunggal dan meninggalkan suspensi garpu seperti sepeda motor sport pada umumnya.

Lalu untuk model trail didesain khusus untuk penggunaan off-road.  Namun, sepeda motor ini juga dilengkapi peranti untuk mdel jalanan seperti kaca spion, lampu utama, lampu sein, dan tempat untuk meletakkan pelat nomor, sehingga membuatnya legal dipakai di jalanan.

Diproduksi atau tidak, Yamaha masih menunggu sambutan dari pengunjung dan publik dunia untuk kedua model ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com