Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Bajaj “Online” Dijamin Asuransi Kecelakaan

Kompas.com - 23/10/2015, 13:52 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Apa Anda sudah tahu? Sekarang pesan Bajaj bisa on-line lewat ponsel. Aplikasi BajaiApp sudah diluncukan di Jakarta pada 7 Oktober lalu, kini dipantau dari Play Store, penggunanya mencapai lebih dari 10.000 pengunduh.

Alat tranportasi roda tiga Bajaj atau yang juga disebut Auto Rickshaw sudah cukup populer di Indonesia. Pengembangannya di Jakarta membuat Bajaj beralih dari menggunakan mesin 2-tak hingga sekarang penumpangnya tidak lagi terlalu “bergetar” sebab sudah bisa meneguk bahan bakar gas alam terkompresi (CNG). Bahkan, sebenarnya sudah ada perusahaan lokal yang merancang Bajaj dengan tenaga listrik.

Layanan BajaiApp mirip dengan cara kerja GoJek, Grab Bike, Lady Jek, atau aplikasi berbasis online lainnya. BajaiApp dibuat oleh Roda Mandiri Indonesia, modernisasi seperti ini bisa jadi “menyelamatkan” para sopir bajaj dari persaingan pilihan masyarakat pada alat transportasi.

Kompas.com/Robertus Belarminus Peresmian BajaiApp di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Rabu (7/10/2015)
Seperti dilansir dari Megapolitan Kompas.com, Kepala Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan, menjelaskan sekarang terdapat 14.000 Bajaj, 7.000 di antaranya jenis Bahan Bakar Gas (BBG). Kini, baru 400 sopir yang online.

Asuransi Gratis

Jangan sampai salah, sebelumnya aplikasi ini bernama BajajApp, tapi sekarang tertulis BajaiApp. Cara memesan mudaht, tidak jauh beda dengan aplikasi sejenis. Aplikasi mengandalkan sistem Global Positioning System (GPS) yang akan mempertemukan Bajaj yang siap beroperasi dengan pemesan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pesan Bajaj pakai BajaiApp dari KompasGramedia ke Pasar Mayestik sekitar 7,8 km tarifnya Rp 34.500.
Tarif dihitung berdasarkan kilometer, saat peluncuran belum disebutkan detailnya. KompasOtomotif coba memesan dari kantor KompasGramedia di kawasan Palmerah menuju Pasar Mayestik di Kebayoran Lama. Total jarak 7,8 km tarifnya Rp 34.500.

Salah satu kelebihan BajaiApp, setiap penumpang diberikan asuransi gratis. Dalam website bajaiapp.com dijelaskan, setiap pelanggan mendapat asuransi gratis dengan jaminan maksimal Rp 100.000. Asuransi ini meliputi kecelakaan lalu lintas dan biaya pengobatan.

Jika, sopir Bajaj mengecewakan, bertindak tidak baik, melanggar lalu lintas, atau mengemudi berbahaya, pengguna layanan bisa komplain dengan memberikan penilaian rendah. Layanan BajajApp bekerja 24 jam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com