Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Resmi Jadi "Warga Negara" AS

Kompas.com - 21/10/2015, 09:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kentucky, KompasOtomotif – Dua tahun lalu Toyota menginvestasikan dana 360 juta dollar AS di fasilitas di Kentucky, Amerika Serikat (AS), untuk memulai lokalisasi mobil Lexus. Kini, Lexus merayakan kelahiran “warga negara” AS yang pertama, model sedan ES 350.

ES 350 lahir di area fasilitas yang sama dengan saudara sepupunya yang lebih “mainstream”, Toyota Camry. Lexus akan dibuat 50.000 unit per tahun, dengan begitu total kapasitas produksi pabrik mencapai 550.000 unit per tahun. Lexus ES 350 rencananya sudah didistribusikan ke diler Lexus pada November.  

“Ini adalah momen membanggakan untuk kami dan membawa sirkulasi penuh buat kami. Untuk pertama kalinya kami memiliki pabrik, membangun mobil dengan penjualan nomor satu di AS, Toyota Camry, selama 13 tahun berturut-turut, kemudian dipilih membangun Lexus yang pertama adalah penghargaan untuk anggota tim kami,” kata Wil James, President Toyota Motor Manufacturing, Kentucky Inc, dalam keterangan resminya.

Bukan hanya soal penjualan, fasilitas Lexus yang baru juga membuka lahan 750 pekerjaan. Jadi, total pekerja di pabrik sebanyak 7.500 orang. Sebagai persiapan produksi Lexus, pekerja diwajibkan mengikuti 1,5 juta jam pelatihan, banyak level staf dikirim ke Jepang untuk mempelajari “Lexus craftsmanship”.

“Satu hal yang sudah kita lakukan adalah membeli 22 unit ES 350 baru dari diler lokal. Kami membawanya kemudian melucutinya menjadi 2.000 bagian kemudian merakitnya kembali. Kami mempelajari setiap detail mobil ini, bagaimana cara merakitnya dengan benar,” kata Mike Bridge, Manager of the Lexus Line.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com