Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulawesi, Salah Satu Lumbung Utama Datsun

Kompas.com - 01/10/2015, 12:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Makassar, KompasOtomotif – Sulawesi menjadi salah satu daerah penyumbang penjualan terbanyak Datsun di Indonesia. Kontribusinya menjadi yang terbesar setelah Jakarta dan akan terus menjadi lumbung untuk masa-masa akan datang seiring dengan pengenalan produk yang semakin meluas.

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja di sela penyelenggaraan Datsun Risers Expedition gelombang III etape kedua di Makassar, Senin (28/9/2015), mengatakan bahwa kontribusi Sulawesi terus meningkat sejak diluncurkan Mei 2014.

”Sulawesi menjadi daerah di luar Jakarta dengan penjualan yang besar. Pada 2014 menyumbang 8 persen dari total penjualan Datsun di Indonesia. Tapi hingga Agustus 2015 ini, jumlah itu sudah naik, 15 persen Datsun yang terjual berasal dari Sulawesi,” kata Indri.

Seiring dengan bertambahnya kontribusi penjualan, penguasaan pasar LCGC juga melonjak tajam. Jika pada 2014 Datsun Sulawesi merebut 14 persen pasar LCGC di Sulawesi, tahun ini sudah mencapai angka 25 persen, sekaligus menjadi LCGC nomor dua terlaris di pulau ini.

Bagian Selatan
Berbanding lurus, Kepala Diler Datsun Exclusive Latimojong Makassar Frans Hartanto juga mengakui bahwa penjualan Datsun di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Tenggara semakin membaik tahun ini. Sejak Januari hingga Agustus 2015, sudah 2.000-an unit yang terjual.

”Kami juga membuka diler di Palu, Sulawesi Tengah, baru tiga bulan sudah berhasil menjual 300 unit. Kami optimistis akan bertambah setelah kami menambah sales point di Gowa dan Palopo,” kata Frans.

Diler Datsun Latimojong juga dibantu diler pusat lain yakni Datsun Pettarani yang membuka sales point di Maros dan Pare-Pare. Hingga saat ini, total diler Datsun di seluruh wilayah Sulawesi ada enam, dua di Makassar, lalu Kendari, Palu, Manado, dan Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com