Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-R1000 Beraura Klasik 80-an

Kompas.com - 10/07/2015, 16:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sachsenring, KompasOtomotif – Suzuki mengenalkan edisi spesial GSX-R1000 untuk memperingati 30 tahun kehadiran trah GSX di dunia. Edisi khusus itu diberi warna dan corak (livery) persis dengan GSX-R750 1985 sebagai peletak fondasi kejayaan line up GSX.

Model yang diberi label 30th Anniversary itu ditunjukkan pertama kali di Sachsensring, Jerman, Kamis (9/7/2015), jelang balap MotoGP akhir pekan ini.

Demi napak tilas sejarah itu pula, duo pebalap Suzuki MotoGP Aleix Esparagaro dan Maverick Vinales akan menunggangi GSX-RR dengan livery yang sama seperti GSX-R750 1985 yang ditunggangi Kevin Schwantz. Nuansa warnanya masih khas Suzuki, antara putih, biru muda, dan biru tua.

Schwantz pertama kali menunggangi GSX-R750 dalam ajang balap ketahanan Suzuka 8-Hour 1985 bersama Graeme Crosby. Setelah itu, membawa Gixxer (julukan keluarga GSX) menjadi juara pada Daytona 200 dan the merengkuh gelar balap 500 cc 1993 di atas RGV500.

”Saya menua bersama Suzuki dan saya menyaksikan sendiri perkembangan GSX-R. Berbagai evaluasi dari ajang balap bertransformasi menjadi teknologi yang diterapkan pada sepeda motor Suzuki GSX-R versi produksi semua tipe. Mereka semua sangat menyenangkan dikendarai,” kata Schwantz.

Suzuki menyatakan bahwa GSX-R1000 edisi spesial akan tersedia di showroom seluruh dunia dalam waktu dekat. Tidak ada informasi spesifik waktu dan harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com