Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemampuan Sempurna Yamaha MT-09

Kompas.com - 03/06/2015, 13:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha MT-09 akhirnya diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, memanfaatkan gelaran Jakarta Fair Kemayoran (PRJ), Senin (1/6/2015). Sepeda motor dengan banderol seperempat miliar rupiah ini diklaim tak hanya cocok untuk berkendara harian, tetapi juga agresif dipakai untuk keluar dari rutinitas.

Secara spesifikasi, soal tenaga, tak ada yang perlu disangsikan. MT-09 bahkan dijuluki sebagai Master of Torque oleh Yamaha Jepang, karena torsinya yang dahsyat. Mesin 3 silinder DOHC dilengkapi teknologi Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), semacam pengatur bukaan throttle agar penyaluran tenaga lebih smooth tapi tetap responsif, teknologi yang digunakan di MotoGP.

Teknologi lain adalah unequal intake funnel, semacam pengaturan pasokan bahan bakar yang akan sangat presisi bergantung kebutuhan. Ditambah fracture split (FS) connecting rod, membuat sepeda motor ini mampu memuntahkan torsi maksimal 85,7 Nm @8.500 rpm.

Tenaga maksimal mencapai 115 tk @ 10.000 rpm, membuatnya sebagai sepeda motor paling bisa diajak bersenang-senang dengan tenaga.

KompasOtomotif-donny apriliananda Desain Yamaha MT-09 ramping, namun tetap mempertahankan rigiditas demi kestabilan bermanuver.

Lincah dan nyaman

Klaim lainnya, MT-09 memiliki handling yang ringan dan lincah, dikatakan cocok sebagai transportasi harian. Hal itu berkat rangka aluminium ringan dengan desain ringkas, namun memiliki rigiditas yang baik. Ukuran ban depan 120/70-17, sedangkan belakang 180/55-17 mendukung kestabilan.

Setang aluminium didesain enak digenggam, dipadu jok panjang dan desian tangki yang mendukung posisi duduk. Suspensi belakang monocross dengan sokbreker horizontal bisa disetel, sehingga biker bisa menyesuaikannya sesuai keinginan, memilih handling atau kenyamanan lebih.

Cukup menarik untuk dijadikan pilihan moge premium. Yamaha Indonesia sudah mengonfirmasi, empat unit terjual sudah untuk konsumen Indonesia, dan jumlah itu ditargetkan terus naik hingga tak ada batasan target.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com