Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Diadu, Toyota Rush Tantang Honda HR-V

Kompas.com - 20/03/2015, 19:18 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) berusaha mempertahankan tahta segmen compact SUV yang selama ini ”dipegang” Toyota Rush. Paling tidak, penjualan diharapkan tembus 2.500 unit sebulan, sama seperti target tahun-tahun sebelumnya.

Tapi ambisi itu terancam buyar sejak datangnya Honda HR-V. Penguasaan pangsa pasar hingga 53 persen pada 2014 bisa jadi menciut hingga akhir 2015, karena saat ini HR-V sebagai andalan Honda yang bernuansa crossover masih ”hot” dengan inden panjang.

Disinggung soal ini, Vice President Director TAM Suparno Djasmin tak menampik. Dirinya hanya mengatakan bahwa setidaknya target penjualan tercapai sama dengan tahun lalu.

”HR-V main di segmen yang kita nggak punya (crossover). Kalau dibilang New Rush ini jawaban atas tantangan HR-V, saya bisa katakan salah satunya iya,” tegas pria yang akrab disapa Abong itu usai peluncuran New Rush di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, (20/3/2015).

Kendati demikian, Abong menekankan bahwa rencana perubahan Rush sudah dirancang sejak dua tahun lalu. Artinya, New Toyota Rush bukan semata-mata didesian untuk bersaing, tetapi menjadi bagian dari dinamika perubahan agar tetap kompetitif.

”Plus minus (antara Rush dan HR-V), kini tergantung konsumen saja memilihnya. Pastinya, minimal target kami tetap tercapai 2.500 unit,” tukas Abong.

Artinya, secara tidak langsung, TAM berharap ada perluasan pasar. Hadirnya HR-V, ditambah pesain lain seperti Daihatsu Terios, Nissan Juke, dan Ford Ecosport, diharapkan tidak mengurangi ”kue” Rush, tapi justru menambah volume penjualan compact SUV secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com