Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Perubahan New Toyota Rush

Kompas.com - 20/03/2015, 18:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Rush tampil segar dengan sejumlah perubahan. Tak hanya eksterior, fitur kenyamanan dan penunjang keamanan ditambah. Banyaknya improvement tapi harga cuma naik Rp 4-7 juta membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) optimistis, Rush akan mendominasi segmen medium SUV.

Lalu, apa saja yang disegarkan? Pertama jelas penampilan. Konsep desain lebih sporty, mewah, maskulin, dan modern. Semua bagian semakin manis, terutama depan. Gril diberi garis-garis warna hitam, dipadu lampu dengan desain baru. Bemper sporty dengan ornamen warna hitam, berkesan lebih lebar dan kokoh.

Di belakang, pembungkus ban cadangan berdesain baru, termasuk bemper dan tambahan spoiler. Pelek atraktif, mengikuti gaya masa kini. Versi TRD lebih sporty lagi, ditambah beberapa aksen rancangan Product Planning Development Division TAM. Konsep ”stylish urban cruiser” dipakai untuk memperkuat citra New Rush TRD Sportivo sebagai mobil perkotaan.

TAM Interior baru, lebih elegan dengan setir dan audio baru.

Kenyamanan

Untuk versi TRD, kursi jok berdesain baru dengan ornamen jahitan merah serta headrest yang mudah diatur. Sistem hiburan terintegrasi dengan layar sentuh 6,1 inci dilengkapi Bluetooth. Setir gaya baru, diklaim lebih nyaman digenggam.

Semua tipe, baik G atau TRD dilengkapi opsi penambahan jok baris ketiga. Karena masih menggunakan platform yang sama dengan model sebelumnya, ukuran kabin juga tak berubah.

TAM Bagian belakang, tak luput dari perubahan.

Keamanan

Semua tipe New Rush kini sudah dilengkapi fitur keamanan lengkap. Mulai dari kantung udara untuk dua penumpang depan, ISOFIX pada baris kedua untuk menunjang keselamatan si kecil, hingga sabuk pengaman pretensioner dengan pengatur kekencangan.

Pengereman sudah dilengkapi ABS, sedangkan bagian belakang ditambah sensor untuk peringatan saat parkir. Sistem alarm khas Toyota dipasang sebagai peranti standar. Setir colapsible yang bisa patah saat menabrak, dan struktur bodi kokoh menjadi pelindung penumpang.

Selebihnya, sama dengan model lama. Mulai mesin 1.500cc DOHC VVT-i dengan tenaga maksimal 109 PS, atau suspensi yang masih menggunakan tipe MacPherson Strut di depan dan 4Link lateral rod di belakang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com