Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Resmi Larang Model "Panas" di Pameran Otomotif

Kompas.com - 20/02/2015, 13:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Model seksi dengan busana menggoda bakal punah di salah satu pameran otomotif besar di China. Panitia pelaksana Shanghai Auto Show 2015 mengatakan pengunjung eksebisi yang dijadwalkan berlangsung pada 22 – 29 April itu tidak bisa lagi cuci mata dengan aura negatif.

Keputusan resmi ini disampaikan pada Selasa, (17/2/2015), menyusul pernyataan serupa sebelumnya. Tidak akan ada lagi model "panas" yang menemani mobil pamer, para model akan kembali ke tugas awal yaitu membujuk pengunjung untuk mendekat kemudian menjelaskan produk.

Pameran di Shanghai menjadi yang pertama untuk China, proyek percontohan ini digunakan sebagai acuan buat semua pameran otomotif di China mulai 2015.

“Mengembalikan esensi eksebisi serta fokus kepada teknologi dan inovasi di industri otomotif,” kata panitia menjelaskan alasan keputusan itu seperti disitat dari Shanghaiist, Rabu (18/2/2015). Langkah ini mengurai simpul pendapat tentang pentingnya eksistensi model seksi yang selama ini dinilai seronok karena bisa tampil sampai “setengah telanjang”.

Motivasi menghapus model seksi dari pameran otomotif China memuncak pada Januari lalu setelah tragedi yang menewaskan 36 orang saat perayaan pergantian tahun. Kegiatan yang melibatkan banyak orang kini diawasi lebih ketat oleh otoritas Shanghai, supervisi pada promosi penjualan semakin tegang.

Laporan lain juga menyebut kekhawatiran publik tentang moral muncul karena lembaga sensor China “meloloskan” adegan model berkostum drama sejarah TV “The Empress of China” di salah satu pameran.

Model seksi sangat lekat dengan pameran otomotif, bahkan peserta pameran kerap menggelar sesi khusus untuk pemotretan mobil pamer dengan model aduhai. Namun kini China ingin mengarahkan fokus penikmat otomotif ke bintang pameran sebenarnya, yaitu mobil.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com