Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Spin Activ Memang Untuk yang Aktif

Kompas.com - 13/02/2015, 14:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski sedang bertahan di tengah kepungan gengsi merek lain, Chevrolet Spin masih menjadi pilihan untuk orang-orang yang sedikit keluar dari jalur mainstream. Apalagi sejak pertengahan tahun lalu, muncul tipe Activ yang mengakomodasi para penyuka blusukan, tipe ini cocok untuk diajak jalan.

Menyambut awal tahun, KompasOtomotif mengajak jalan Chevrolet Spin Activ menikmati alam. Keluar dari rutinitas perkotaan rasanya cocok dilalui bersama keluarga, ditemani mobil yang mendukung dengan performa mumpuni, sekaligus punya karakter unik yang tak dipunyai low MPV lain di kelasnya.

Sejak pertama duduk, kesan pertama adalah bukan naik MPV. Bagian bawah rendah, tapi dikombinasi jok yang tinggi, membuat kaki menggantung, tidak selonjor. Buat yang tidak biasa, kaki akan terasa sedikit pegal meraih tuas gas dan rem. Namun untuk yang suka, kaki menggantung justru lebih nyaman.

Tipe Activ sudah mendapatkan jok dengan logo khusus. Kabin bernuansa hitam, tak ada lagi paduan warna abu-abu. Desain dashboard mewah dan sporty, dilengkapi tilt steering yang dibalut kulit. Audio tampak sederhana, tapi menyimpan banyak kemampuan, termasuk penyetelan beberapa komponen.

Jok baris kedua cukup luas, tapi sayang tidak bisa maju-mundur untuk memberi ruang lebih jok baris ketiga. Tapi rata-rata untuk orang bertinggi badan 170 cm ke atas, ruang kaki di semua baris masih tergolong nyaman.

Pengendalian

Suara mesin Spin Activ khas, sedikit meraung jika digeber, tapi tak memekakkan telinga. Untuk orang gemar suara mesin berkarakter, justru raungan mesin Spin asyik dinikmati. Saat jalan dengan kecepatan tinggi, gejala body roll sangat minim, salah satu yang terbaik di kelasnya.

Sebagai MPV crossover, sisi pengendalian sangat baik. Power steering mengadopsi sistem hidrolis, membuat pengendalian Activ terasa rigid. Untuk blusukan di kontur jalan yang tidak rata, pengendaliannya akan lebih mengasyikkan dibandingkan setir dengan Electric Power Steering (EPS). Lebih berat, tapi mantap.

Suspensi berkarakter rigid. Pantulan terasa cukup cepat, membuat jalan bergelombang bisa diredam. Saat dipakai bermanuver, suspensi Spin Activ membantu kestabilan. Diajak belok mendadak, tak perlu khawatir body terguling.

KompasOtomotif-donny apriliananda Ground clearance tinggi dan suspensi yang mendukung membuat aktivitas off road ringan tak perlu menjadi hal yang dikhawatirkan.

Mesin

Chevrolet Spin Activ punya bekal sama, mesin S-TECH III 16 katup 1.50cc bensin, bertenaga 109 dk @6.000 rpm dan torsi 142 Nm @3.800 rpm. Dipadu transmisi Automatic 6 percepatan, mobil ini cukup menyalak.

Transmisi yang dimiliki Spin Activ adalah satu-satunya di kelas low MPV yang memiliki mode shiftronic layaknya mobil manual. Nafasnya terasa pendek-pendek, sangat membantu mencapai kecepatan yang diinginkan lebih cepat.

Kemampuan

Jika dilihat dari postur Spin Activ adalah MPV yang cukup jangkung. Dengan demikian, kapabilitas untuk ”menghajar” jalanan off-road tak perlu diragukan. Saat mengangkani bebatuan dan jalanan terjal, racikan ground clearance tinggi dan wheelbase pendek Spin sangat membantu.

Spin Activ punya ground clearance 157 mm dengan wheelbase 2.620 mm. Saat bertamasya dengan keluarga melewati sedikit bumbu petualangan, Spin Activ akan sangat membantu.

Kesimpulan

Chevrolet Spin Activ punya poin lebih di antara karakter mobil multiguna bawah lainnya. Deretan kelebihan-kelebihan dari Spin Activ ini bisa mengakomodir kebutuhan konsumen yang mencari kendaraan multiguna baik untuk pemakaian dalam kota ataupun luar kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com