Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Pertimbangkan NMAX Versi Murah

Kompas.com - 12/02/2015, 15:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menyimpan opsi untuk menjual Yamaha NMAX yang tak dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS). Dengan tidak dilengkapi peranti yang mencegah rem ”mengunci” itu, dipastikan harga akan semakin murah dan semakin jauh meninggalkan kompetitor, yakni Honda PCX 150.

Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur mengatakan bahwa untuk saat ini, opsi tersebut tetap dipelihara, namun tidak bisa dipastikan realisasinya. ”Kami akan melihat pasar dulu, melihat bagaimana antusiasmenya. Kalau ada permintaan, pasti akan kami pertimbangkan,” kata Masykur, (10/2/2015).

Ditekankan, keputusan untuk menjual NMAX tipe non-ABS tidak mudah. Sebab, untuk tahap awal permintaan biasanya cukup tinggi, terutama pada tiga bulan awal. Setelah pasarnya terbentuk dan stabil, kemungkinan meluncurkan tipe lain akan diperdalam.

Dengan tidak dipasangnya peranti ABS, sepeda motor akan semakin ringan sekitar 1-2 kg. Selain itu, dipastikan semakin terjangkau. Rata-rata, perbedaan harga sepeda motor yang dilengkapi dengan ABS dan tanpa ABS sekitar Rp 5-8 juta.

Keputusan yang cukup dilematis, mengingat ABS menjadi salah satu kelebihan menarik NMAX jika dibandingkan Honda PCX. Andai dihilangkan, harga yang saat ini dipatok 27,4 juta apakah bakal turun drastis menjadi Rp 20 jutaan? ”Tinggal tunggu undangan, tapi pasti lebih murah, apalagi ini produksi lokal,” tukas Masykur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com