Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Nissan Terkena Beragam Masalah

Kompas.com - 29/01/2015, 15:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Nissan Motor Company menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap 786.000 unit mobil di Amerika Serikat, dilansir Automotive News (28/1/215). Dari seluruh model yang bermasalah, termasuk di dalamnya model populer Rogue dan Pathfinder.

Porsi "recall" terbesar dialami Rogue atau dikenal juga dengan X-Trail dengan jumlah 552.135 unit, produksi 2008 hingga 2013. Masalahnya, udara lembab bisa menembus ke bagian bawah sisi pengemudi dan berpotensi menimbulkan korsleting yang berujung pada kebakaran.

Pihak berwenang, Lembaga Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya (NHTSA) AS dan Nissan mengumumkan total ada 468.815 unit mobil terdaftar pada konsumen di Amerika Serikat.

Belum ada laporan kecelakaan menyangkut kondis ini, jelas juru bicara Nissan.
Selain itu, total 215.789 unit Pathfinder, produksi 2013 dan 2014, Infiniti JX35 (2013) juga masuk daftar recall karena masaah pada pengait kap mesin. Dari seluruh perbaikan yang dilakukan, 170.665 unit terdaftar di AS.

Jubir Nissan mengatakan, masalah ini ditemua pada mobil-mobil sewaan ketika pengemudi tak sengaja membuka kap mesin. Pengait ini fungsinya untuk menjaga kap mesin agar tidak langsung terbuka ketika tuas pembuka di dalam kabin tak sengaja tersentuh. Kondisi terburuk, kap bisa terbuka ketika mobil jalan dan menghalangi pandangan pengemudi.

Di Kanada, total 52.312 unit Rouge mendapat jatah recall, selain itu juga ada 15.972 unit Pathfinder, dan Infiniti JX35. Total ada perbaikan di total 30 negara lain di dunia, jelas Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau