Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Patenkan Sepeda Motor Roda Tiga

Kompas.com - 22/01/2015, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah Piaggio sukses keluar dari mainstream dan menjual MP3 pada 2006, disusul Peugeot Metropolis pada 2013, dan Yamaha dengan Tricity tahun lalu, Honda mengikuti jejak mereka dengan pengembangan sepeda motor roda tiga.

Hal ini terungkap setelah Japanese Patent Office memublikasikan bahwa produsen sepeda motor logo sayap mengepak itu mengajukan tiga aplikasi pematenan sepeda motor roda tiga. Teknologi gerak yang diusung sama, dua roda depan bergerak bersamaan dengan bodi (leaning-wheel).

Hal menarik dari gambar data pematenan itu adalah sepeda motor bukan berjenis skuter, melainkan tipe sport. Dari gambar juga bisa ditelaah bahwa sepeda motor menggunakan sasis dan mesin yang mirip dengan NC700S.

motorcycle Model yang dipatenkan sport, bukan skuter.

Platform yang digunakan model NC Series memang paling reliable. Honda sudah menggunakan platform yang sama untuk CTX700 dan NM4. Wajar jika tugasnya akan ditambah sebagai penopang model roda tiga.

Tentu saja, ini hanyalah sebuah pematenan, yang mungkin hasilnya belum tentu menjadi model yang akan diproduksi. Kemungkinannya 50:50, sama seperti saat ditemukan paten untuk Yamaha Tricity yang akhirnya menjadi kenyataan. Desain yang diajukan pada paten juga belum tentu diterapkan sepenuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com