Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Sepeda Motor Sport di Surabaya

Kompas.com - 15/12/2014, 10:20 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif - Segmen sepeda motor sport terus digenjot PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bisa mengejar ketinggalan dari kompetitor. Upaya ini perlahan mulai menunjukkan hasil dengan adanya pertumbuhan penjualan, meski masih tertinggal dari pabrikan lain.

Jawa Timur sebagai salah satu pasar terbesar Honda di Indonesia, memiliki potensi besar untuk pengembangan segmen sport ini. Bahkan, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku main dealer Honda di Jawa Timur dan NTT, menyebutkan bahwa grafik pertumbuhan sepeda motor sport terbilang fenomenal di tahun ini.

"Sport mencatat kenaikan yang fenomenal di tahun ini dibanding penjualan di tahun sebelumnya. Memang masih belum bisa mengejar kompetitor, tapi setidaknya sudah bisa mendapatkan kenaikan yang signifikan. Kontribusi sport mencapai 17 persen dari total penjualan di tahun ini," jelas Suwito Mawarwati, Presiden Direktur PT MPM kepada wartawan, Sabtu (13/12/2014) lalu.

Penjualan segmen sport melebihi kontribusi segmen bebek yang hanya mencapai angka 12 persen. Data yang diberikan PT MPM, penjualan CB150R StreetFire dan kawan-kawan mencapai angka sekitar 200.000 unit.

CBR150R inden
MPM juga mendapatkan banyak pemesanan buat model terbaru Honda CBR150R versi lokal yang belum lama diluncurkan AHM. Bahkan di Oktober lalu penjualan CBR150R lokal ini mencapai 1.000 unit.

"Oktober lalu CBR150R versi lokal mencapai 1.000 unit, bahkan saat ini masih inden 400-an unit. Ini menunjukan grafik sport kami memang naik. Tentunya iklim ini kami harapkan bisa terus bertahan hingga tahun depan," lanjut Suwito.

Mengenai rencana penjualan model CBU yang sedang disiapkan AHM, MPM sebagai distributor utama juga menyambut baik rencana tersebut. Suwito menyatakan, pasar motor besar di Jatim, khususnya Surabaya itu merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan dengan penawaran deretan motor sport bermesin besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com