Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat dari Dekat Sosok Ferrari FXX K

Kompas.com - 08/12/2014, 16:35 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber paultan
Abu Dhabi, KompasOtomotif - Ada yang spesial pada acara Finali Mondiali Ferrari 2014 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, akhir pekan lalu. Di antara sekian banyak mobil Ferrari yang dipamerkan, satu unit yang paling menonjol yakni supercar hybrid terbaru FXX K.

FXX K mempertahankan karakter anggun sang kakak, LaFerrari. Tapi dengan tambahan di sektor eksterior seperti grafis dan aksesoris lainnya, FXX K menjadi lebih menawan dibandingkan LaFerrari sebagai sebuah mobil super.

Di bagian depan, ada spoiler ganda dengan profil baru yang berukuran lebih besar dan splitter lebih rendah 30 mm. Beberapa tambahan lain pada bumper plus sirip vertikal untuk menyalurkan udara dan menambah downforce. Side skirt juga bertugas mengisolasi aliran udara dari bagian bawah bodi guna meningkatkan efisiensi.

Paultan Bagian belakang Ferrari FXX K
Ujung ekor mobil dibuat lebih tinggi dan spoiler belakang lebih luas dengan ukuran 180 mm atau 60 mm lenih lebar dibanding LaFerrari. Sepasang sirip vertikal belakang di kedua sisi dan dilengkapi dengan sayap kecil. Downforce menjadi lebih tinggi dengan catatan 540 kg pada 200 kpj.

Menggunakan ban Pirelli P-Zero dilengkapi dengan sensor yang memantau percepatan longitudinal, lateral dan radial, serta suhu dan tekanan angin. Interaksi antara ban dan permukaan trek dianalis dan menyediakan sistem kontrol traksi dengan data yang lebih lengkap. Sementara rem Brembo karbon keramik menjadi andalan buat mengurangi kecepatan.

FXX K diaktifkan oleh mesin V12 6,3 liter yang dikawinkan dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS) dan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan. Daya output mesin V12 mencapai 860 tk, sementara motor listrik menyumbang 190 tk, total daya yang disemburkan mencapai 1.050 tk dan torsi 900 Nm.

Paultan Interior Ferrari FXX K
Sistem KERS atau yang disebut HY-KERS digunakan untuk mendapatkan performa maksimal. Pengemudi bisa mengaplikasikannya pada tombol yang berada di konsol tengah. Tersedia empat pilihan mode yakni Qualify buat performa maksimal, Long Run untuk performa yang konsisten, Manual Boost untuk mendapatkan torsi maksimal dengan cepat dan Fast Charge untuk mengisi ulang baterai dengan cepat.

Ada lima tombol lain yang tersedia di batang kemudi buat mengatur level dari E-Diff electronic differential, F-Trac traction control, Racing SSC (Side Slip Angle Control), hingga pengaturan rem ABS performa tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com