Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Genjot Ekspor Mobil pada 2015

Kompas.com - 03/12/2014, 18:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki Indonesia berambisi mendongkrak kinerja ekspor tahun depan menjadi 30.000 unit dari estimasi tahun ini hanya 25.000 unit. Ini ditandai dengan mulai beroperasinya pabrik baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, awal 2015 mendatang.

Shuji Oishi, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, kinerja ekspor sangat bergantung dari kondisi perekonomian negara-negara tujuan. Tahun ini pasar ASEAN, misalnya, sedang menurun karena Thailand melemah.

"Di pabrik baru kami akan memproduksi Ertiga dalam satu shift, kemampuan kapasitas produksinya 60.000 unit per tahun dimulai Januari 2015, tapi peresmian pabrik baru akan dilakukan sekitar Juni atau Juli," beber Oishi di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/12/2014).

Produksi Ertiga akan dialihkan dari pabrik Tambun menuju Cikarang. Kapasitas produksi akan dilakukan bertahap sampai memenuhi kapasitas produksi 60.000 unit setahun. Penopang utama ekspor Suzuki akan disumbang oleh APV pikap yang sudah dikspor ke 80 negara di seluruh dunia, meliputi kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

"Kami juga ekspor Ertiga ke negara ASEAN dan Karimun Wagon R ke Pakistan. Untuk Wagon R kami belum ada rencana menambah negara tujuan ekspor lain," beber Oishi.

Diharapkan, kondisi pasar di ASEAN bisa lebih baik kondisinya tahun depan dibanding 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com