Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan MPV 7-Penumpang di Bawah Ertiga

Kompas.com - 29/11/2014, 10:56 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Berbagai laporan dari media di India mengatakan Suzuki Maruti sedang mengerjakan MPV kompak baru pesaing Datsun Go+. Sebelumnya, hatchback premium berkode YRA dan SUV kompak berkode YBA telah terungkap, kini terungkap MPV terkecil Suzuki dikenal lebih awal dengan sebutan YJC.

Awal pekan ini India Times mengatakan, Suzuki Maruti ingin menciptakan segmen baru yang menjadi jembatan antara hatchback dan crossover dalam hal ukuran dan kapasitas penumpang. YJC kemungkinan akan dijual di India lalu di Asia Tenggara, sama seperti Ertiga.

Dimensi panjang YJC tidak sampai empat meter dengan ukuran kabin hampir sama dengan Datsun Go+. Meski belum ditemukan korelasinya, ada indikasi inilah sosok MPV 7-penumpang yang bakal menjadi produk LCGC di Indonesia.

Saat ini Suzuki Maruti telah mengajukan proposal kepada vendor dan pemasok untuk kebutuhan desain komponen YJC. Kemungkinan besar MPV terbaru ini akan diperkenalkan di salah satu pameran otomotif dunia pada 2016, pengembangan terus dilakukan agar versi produksi YJC bisa memenuhi target penjualan 80.000 unit di tahun pertama.

“Maruti berencana mengembangkan produk baru, yang akan berada di area niche karena tidak ada wagon premium di India. Model ini diharapkan menjadi produk premium yang kemungkinan akan ditempatkan di atas Wagon R dan juga diharapkan mencetak volume untuk perusahaan,” kata sumber dari Suzuki Maruti.

MPV Karimun Wagon R
Motorbeam mengatakan produk MPV YJC kemungkinan menggunakan platform yang sama dengan Wagon R. Ada pengembangan spesial agar dengan basis yang sama bisa menampung sampai 7-penumpang tanpa mengubah jarak wheelbase. Untuk mesin dikatakan menggunakan versi lebih besar dari 1.0L bensin milik Wagon R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com