Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelebihan Sasis Bus Terbaru Mercy

Kompas.com - 27/11/2014, 11:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif –  Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memperkenalkan sasis baru untuk bus, OC 500 RF 2542, dengan karoseri Adi Putro di Nusa Dua Bali, Kamis (27/11/2014). Bus dengan panjang 13,5 m yang diklaim sebagai salah satu yang terpanjang di Indonesia, mampu memberikan banyak keuntungan buat para konsumen perusahaan.

"Ini salah satu keunggulan buat pelanggan, paling tidak, bisa ditambah dua seat row penumpang. Jadi sesuai konfigurasi tempat duduk, kapasitas penumpang bisa ditambah," kata Adri Budiman Deputy Director Bus & Van Sales, Sales Operation Commercial Vehicle MBI saat peluncuran.

Panjang bus juga memperluas kapasitas bagasi di antara wheelbase (space frame), Adri mengatakan bisa muat sampai 10 sepeda motor bebek. Untuk kenyamanan penumpang sekaligus menunjang daya angkut bawaan, sistem peredam kejut dilengkapi dengan suspensi udara.

Sasis baru dipadankan dengan mesin diesel 6-silinder segaris 11.967cc yang sudah dilengkapi turbocharger dan intercooler plus transmisi ZF AS Tronic Automated 12-percepatan. Sesuai rekomendasi prinsipal, mesin standar EURO 4 namun untuk kebutuhan di Indonesia sudah disesuaikan hingga EURO 3.

Keunggulan lainnya adalah kelengkapan standar keamanan. Bus sasis terbaru ini sudah dilengkapi EBS (electronic braking system), anti-lock braking system (ABS), acceleration skid system (ASR), dan electronic stability program (ESP).

Bus sasis OC 500 RF 2542 dijual dengan harga Rp 1,5 miliar –off the road. Adri juga mengatakan sasis yang sama bisa digunakan untuk karoseri bus dua lantai. Namun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, yaitu batas kecepatan harus dibatasi, wheelbase akan dipanjangkan, dan perbaikan suspensi. Semua harus direka ulang sebab titik pusat gravitasi berada lebih tinggi dari bus satu lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com