Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kebut Truk Volvo 8 Ton Vs Sedan Sport

Kompas.com - 12/11/2014, 15:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Kagerod, KompasOtomotif – Volvo menantang Koenigsegg One:1 adu cepat. Alih-alih memberikan lawan sepadan sesama mobil sport, pabrikan asal Swedia itu malah mengajukan truk Volvo FH untuk berlomba dengan Koenigsegg One:1 di Sirkuit Knutstorp, Kagerod, Swedia Selatan.

Tentu bukan adu cepat betulan. Bagaimana mungkin truk seberat 8 ton melawan salah satu mobil tercepat di dunia? Tapi justru disitulah menariknya. Berawal dari ketimpangan itu, Volvo bukan mengejar siapa yang menang, namun ingin menunjukkan sistem transmisi I-Shift Dual Clutch pada truk FH yang sangat nyaman dan halus.

Sistem transmisi itu adalah teknologi yang diambil pada mobil sport, lalu diterapkan untuk truk. Jeff Bird, Press Test Director Volvo Trucks mengatakan dalam video, tujuan diciptakan sistem transmisi canggih ini untuk truk adalah menambah performa, terutama saat mendaki, akselerasi, juga kenyamanan pengemudi.

Dalam balapan itu, truk dikemudikan pebalap berpengalaman Tiff Needell. Sementara Koenigsegg One:1 ditunggangi test driver Koenigsegg Robert Serwanski. Supaya adil, Volvo FH digeber sepanjang satu lap sedangkan Koenigsegg dua lap.

Terlepas dari siapa yang menang, inilah cara jitu mempromosikan teknologi truk Volvo. Mereka seakan ingin memberikan sekuel setelah sukses dengan video ”The Epic Split” [Baca: Aksi "Gila" Van Damme” Bersama Truk Volvo] yang diperagakan aktor laga Jean Claude Van Damme yang melakukan split di antara dua truk Volvo untuk membuktikan truk sangat stabil dan dinamis.

Penasaran? Lihat pemenangnya dalam video ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com