Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aston Martin Pakai Nama Arab

Kompas.com - 12/11/2014, 14:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Dubai, KompasOtomotif - Sosok Aston Martin Lagonda sebenarnya sudah beberapa kali tertangkap kamera ketika mau dikirim ke Dubai, Uni Emirat Arab, Agustus 2014 lalu. Kini, merek mobil premium asal Inggris itu resmi memperkenalkan sedan "flagship" di Dubai, dengan nama tambahan, Aston Martin Lagonda Taraf.

Andy Palmer, Chief Executive Officer Aston Martin mengatakan, Lagonda Taraf merupakan model yang khusus dipesan oleh konsumen ekslusif para taipan minyak di Timur Tengah. Taraf menurut keterangan resmi Aston Martin merupakan bahasa arab yang artinya "kemewahan". Tetapi dalam bahasa Turki artinya "ekstrem", sedangkan bahasa Rumania berarti "orkes mini".

Lagonda sebenarnya sarat sejarah karena nama yang digunakan diambil dari produsen mobil asal Inggris itu sendiri, Aston Martin Lagonda Limited. Sebelumnya, Lagonda diproduksi pada periode 1974-1990 dalam jumlah 645 unit. Kini, model tersebut akan diproduksi lagi dengan generasi baru, juga dalam jumlah terbatas, yang secara efektif dimulai pada 2015.

Desain terlihat menawan dengan karakter macho sekaligus cantik. Dominasi gril di depan dengan sepasang lampu utama menyipit membuat penampilan Lagonda Taraf mudah jadi pusat perhatian.

Aston Martin memproduksi Lagonda Taraf menggunakan platform VH dengan sistem penggerak roda belakang. Mesin yang digunakan diperoleh dari pasokan Ford, 6.0 liter, V12.

Aston Martin Langonda sebelumnya pernah diproduksi pada 1974, kini dihidupkan kembali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com