Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aston Martin Hidupkan Kembali Lagonda

Kompas.com - 27/07/2014, 17:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Nama Aston Martin identik dengan kendaraan James Bond yang kerap menemani aksinya di beberapa karya layar perak. Satu hal yang sudah agak dilupakan adalah, model Lagonda yang sebenarnya diambil dari nama perusahaannya sendiri, Aston Martin Lagonda Limited.

Lagonda merupakan model yang diproduksi terbatas oleh Aston Martin, periode 1974-1990. Hanya 645 unit yang diproduksi. Kini, merek mobil premium asal Inggris itu kembali mau melepas generasi terbaru dengan jumlah yang sangat terbatas.

Kepastian itu, diperlihatkan dengan bocoran gambar siluet dari sedan dan diproduksi di One-77 di pabrik Gaydon, tempat di mana model sebelumnya diproduksi. Lagonda akan ditawarkan secara ekslusif, bahkan para pembeli terpilih akan diundang khusus dari kawasan Timur Tengah.

William Towns
Model terbaru ini, sepertinya menjadi produk persembahan bagi Lagonda lawas produksi 1976 hasil desain William Towns. Kabarnya akan menggunakan mesin V12 Vantage S Roadster menawarkan tenaga 565 PS, atau lebih besar lagi.

Kepastian ini sebenarnya bukan kejutan, karena beberapa bulan lalu mobil yang ada dalam gambar sempat tertangkap kamera lagi tes di jalan. Selain itu, konsep Lagonda crossover sempat mejeng di Geneva Motor Show 2009 lalu.

Semula Aston Martin dikabarkan berniat menggandeng Mercedes-Benz untuk kembali menghidupkan Lagonda seiring bergulirnya proyek Maybach. Meskipun kolaborasi berlanjut, tetapi tidak fokus menggarap Lagonda, tapi lebih ke pengembangan mesin dan teknologi baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com