Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Luncurkan "Singa" dari Korea Selatan

Kompas.com - 10/11/2014, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Seoul, KompasOtomotif - Hyundai telah memperkenalkan sedan premium baru, Aslan, untuk pasar domestik Korea Selatan. Inilah versi produksi dari Hyundai AG yang pernah melantai di Busan International Motor Show, Mei lalu.

Aslan berasal dari kata Turki yang berarti singa. Dari dimensi, Aslan mengisi segmen di antara dua sedan Hyundai lainnya, yakni Genesis dan Azera. Kehadiran Aslan memperkuat kompetisi Hyundai, sebab di dalam negara asalnya pamor pabrikan Jerman masih cukup dominan.

Genesis bersaing langsung dengan BMW Seri 5, Mercedes-Benz E-Class, dan Audi A6. Sedangkan Azera masuk di kelas yang sama dengan Lexus ES. Sementara menurut spesifikasi, Aslan dianggap tak punya musuh alami.

Aslan diperkuat pilihan mesin V6 GDI 3.0L yang mampu mengembuskan 270 tk dan torsi 310 Nm serta 3.3L 294 tk dan torsi 346 Nm. Hanya dilengkapi dengan transmisi otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda depan.

Worldcarfans Interior Hyundai Aslan.

Pada eksterior sudah diterapkan filosofi desain Hyundai yang disebut Fluidic Sculpture 2.0. Di ruang penumpang diselimuti aura kemewahan, fitur-fitur yang tersedia adalah layar monitor 8 inci, jok lapis kulit, aksen kayu ada trim dan bagian pintu.

Kaca depan dan samping punya dua lapisan untuk menutup jalur suara bising masuk ke kabin. Sementara penumpang di dalam bisa duduk sambil menikmati lantunan lagu dari sistem audio racikan Amerika Serikat, Lexicon.

Hyundai mengatakan dealer-dealer di Korea Selatan mulai menjajakan Aslan pada akhir November. Melihat potensi pasar cukup menggiurkan, target per bulan di tetapkan 2.000 unit atau lebih dari 22.000 unit selama setahun. Langkah awal sudah bagus, sekitar 2.200 unit konsumen sudah memesan sejak 6 Oktober lalu. Aslan dijual dengan harga sekitar 37.000 USD atau Rp 449 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com