Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Bersasis di Atas 7 Meter Semakin Laku

Kompas.com - 20/10/2014, 09:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Medan, KompasOtomotif – Melemahnya sektor tambang dan perkebunan membuat bisnis lain semakin hidup. Misalnya logistik atau pengangkutan dan pengiriman barang yang semakin menjamur. Ini menjadi berkah terhadap kendaraan komersial, khususnya pemilik sasis panjang di atas 7 meter.

Salah satu pemain truk yang sangat serius menggarap segmen ini adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Dalam setahun, merek ini meluncurkan dua truk ”super long”, yakni Fuso FN517 dan New Fuso FJ2523. Keduanya punya target yang sama.

Doni Maksudi, Head of Area Coordinator Truck & Bus Department KTB, membeberkan data bahwa setiap tahun segmen truk medium wheelbase di atas 7 meter Fuso terus menanjak. Dari kelas 6X2 pada 2012 menyedot penjualan 58 persen. Lalu naik menjadi 63 persen pada 2013, dan sejak Januari hingga September 2014 naik lagi sampai 65 persen.

”Konsumen sangat kritis. Bagaimana mereka bekerja efisien dengan mengangkut banyak muatan. Didukung faktor jalan yang mulai bagus. Penggunaannya di atas 60 persen untuk truk wingbox (boks bukaan samping) untuk pengangkutan barang bahkan semen,” ujar Doni, di Medan, (17/10/2014).

Donny Apriliananda Penjualan kendaraan komersial turun, tapi Fuso malah tumbuh.


2 varian
KTB mempertahankan adanya dua varian bukan hanya untuk memperbesar pasar, namun juga memberikan pilihan berdasar kebutuhan dan kebiasaan. Doni optimis tidak akan ada kanibalisasi di segmen ini. Jutsru sebaliknya, semakin luas pengusaha yang menggunakannya.

”Karakter konsumen berbeda-beda. Ingin yang sudah biasa dengan model lama (karena suku cadang sama) bisa pakai Fuso FN517. Kalau ingin model baru, bertenaga lebih besar dan teknologi lebih canggih, ada FJ2523,” terang Doni.

Dikatakan bahwa pengusaha saat ini sudah memasuki generasi ke-2 dan ke-3. Perbedaan pola pikir bisa menarik pangsa pasar lebih besar karena ada dua pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com