Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Q80 dan Q20 Lengkapi Infiniti Atas Bawah

Kompas.com - 02/10/2014, 13:57 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Calon mobil mewah Infiniti Q80 Concept yang sekarang tampil di Paris Motor Show, akan diproduksi dalam tiga sampai lima tahun ke depan menurut pernyataan bos Renault-Nissan Carlos Ghosn. Selain paling atas, Infiniti juga dikonfirmasi akan punya model entry level, Q20, yang akan dikembangkan dari kelanjutan kerja sama teknis dengan Mercedes-Benz.

Deretan mobil-mobil merek premium Nissan ini akan berkembang atas bawah. “Kami butuh meluaskan pasar Infiniti dan untuk melakukannya kami perlu melebarkan produk yang ditawarkan,” ujar Ghosn kepada Autocar, Rabu (1/10/2014).

Sementara itu, boss Infiniti Eropa Francois Goupil de Bouille mengakui, menciptakan versi produksi mobil premium kupe 4-pintu Q80 adalah prioritas utama. “Q80 lebih dari riset desain, ini adalah kunci kami masuk ke segmen saloon yang lebih besar. Perhatian kami ke semua prototipe adalah membuatnya sedekat mungkin dikemudikan di jalan, mungkin sebanyak 90 persen dari konsep,” terang de Bouille.

SUV QX80
Setelah Q80, model premium lain juga masuk dalam hitungan. Dari berbagai rumor yang beredar, akan ada SUV paling mewah dengan emblem Infiniti untuk bersaing dengan Range Rover, kira-kira bakal disebut QX80.

Dijelaskan Renault-Nissan Alliance Global Director Jacques Verdonck, Q80 dan model lebih besar lain di masa depan akan dibangun di atas platform Mercedes-Benz. “Platform penggerak roda belakang mereka masuk akal dalam skala ekonomi, meski begitu setelan kami akan berbeda,” ungkap Verdonck.

Q20
Kendati berencana memasarkan Q30 pada pertengahan 2015, Infiniti juga sudah menyiapkan model paling kompak, Q20, yang ditetapkan sebagai pesaing model MINI dan Audi A1. Namun, jadwal kelahirannya belum disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com