Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trail Supermoto Listrik dari KTM

Kompas.com - 03/10/2014, 16:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Cologne, KompasOtomotif – KTM menggoda pecinta supermoto dengan line up baru menggunakan motor listrik yang meluncur di Intermot, Cologne, Jerman, (3/10/2014). Menemani Freeride E-SX, E-XC untuk segmen penggaruk tanah, produsen asal Austria itu mengandalkan E-SM yang didesain untuk ”menari” di jalanan aspal perkotaan.

Model ini menggunakan sumber energi yang sama dengan versi trail penggaruk tanah, yakni motor listrik yang punya tenaga maksimal 21,5 tk dan torsi 42 Nm. Diklaim tenaganya tak kalah dengan sepeda motor serupa berbahan bakar bensin.

Tenaga penggerak dan ECU diberi pendingin cairan untuk mengoptimalkan performa. Di dalam satu paket, terdiri dari 360 sel baterai lithium-ion. Baterai bisa bertahan satu jam, tergantung cara berkendara dan situasi lain.

motorcycle KTM Freeride E-SM meluncur dari Jerman.

Waktu yang pendek dipermudah dengan adanya baterai cadangan yang gampang dibongkar pasang. Cukup mencopot empat baut di jok, lalu baterai cadangan dipasangkan. Untuk mengisi kembali hingga penuh, butuh waktu 80 menit. Mengisi 50 menit sudah bisa memenuhi 80 persen.

Sasis menjanjikan pengendalian yang lincah dengan bahan yang terbuat dari paduan besi dan aluminium. Sementara sub-frame terbuat dari fiber reinforced polyamide. Pelindung aluminium juga dipasang di bagian bawah mesin.

Kaki-kaki dipercayakan pada merek WP garpu depan inverted dan suspensi belakang PDS. Dikatakan, Freeride E-SM bisa menjadi tunggangan harian untuk yang menginginkan model sepeda motor yang tak monoton. Sayang, KTM belum mengumumkan soal harga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com