Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Besar Fiat 500X

Kompas.com - 03/10/2014, 11:55 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Bloomberg

Paris, KompasOtomotif - Fiat penuh percaya diri dengan desain 500X khas Italia yang bisa diandalkan untuk bersaing di pasar global. Merek asal Negeri Pizza ini berharap pada ledakan pasar yang terjadi di segmen crossover atau SUV kompak. Desain mencerminkan ikon lucu dari era 1960-an. "Ketika Anda membeli 500, Anda membeli sepotong gaya hidup orang Italia," tukas Olivier Francois, Kepala Merek Global Fiat di Paris, Kamis (2/10/2014).

Fiat 500X akan dijual lebih dari 100 negara di dunia, termasuk Eropa dan Amerika Serikat. Model ini diharapkan bisa "menyumbat" kerugian yang terjadi di Eropa sekaligus mendongkrak pangsa pasar. Model yang dipajang di Paris Motor Show, identik dengan apa yang pernah diperlihatkan sebelumnya pada Juli 2012 lalu.

Pemasaran 500X di mulai akhir 2014 di Eropa, disusul AS pada musim semi mendatang. Crossover ini ditawarkan dalam beberapa pilihan sistem penggerak, depan dan semua roda (all wheel drive).

Carscoop Desain dasar sama seperti keluarga 500 lainnya.

Berbeda
Meski Fiat 500X dan Jeep Renegade punya struktur dan konstruksi yang sama, kedua model ini tetap diposisikan berbeda bagi konsumen. Penagasan ini disampaikan langsung oleh CEO Fiat Chyrsler Sergio Marchionne di Paris Motor Show, kemarin (2/10/2014). Fiat merupakan crossover dan "Jeep adalah Jeep. Anda tidak akan bisa mengikuti Jeep Renegade naik ke perbukitan terjal menggunakan 500X," jelas Marchionne.

Francois melanjutkan, 500X akan menyasar pada target konsumen yang lebih mengikuti arus dan panjang bodi 4.250 mm meningkatkan kenyamanan dalam kabin jadi lebih lapang. Selain itu, kapasitas bagasi juga lebih besar, yakni 350 liter.

Kedua model, 500X dan Renegade, memang menggunakan mesin dan transmisi yang sama, hanya untuk mengurangi ongkos produksi. Sama seperti Renegade, 500X juga ditawarkan dalam transmisi 9-percepatan milik Chrysler. Tetapi, juga ada model dengan transmisi 6-percepatan manual dan otomatis.

Fiat mengaku menyiapkan total tujuh varian mesin untuk 500X, empat bensin dan tiga diesel. Beberapa kelengkapan keselamatan, seperti deteksi blind spot, adaptive cruise control, dan lane-keeping assistance jadi bekalan standar semua varian.

Carscoop Menyasar segmen subkompak premium.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com