Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F1 Jepang Dapat Ancaman dari Phanfone

Kompas.com - 03/10/2014, 11:41 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Suzuka, KompasOtomotif - Kondisi alam menjadi ancaman tersendiri gelaran Formula 1 Grand Prix Jepang, yang berlangsung akhir pekan ini, Minggu (5/10/2014). Ada dua hal yang dikhawatirkan mengganggu jalannya lomba, yaitu badai dan abu vulkanik.

Dalam sepekan ini dilaporkan muncul bahwa abu dan asap dari dekat letusan gunung berapi Ontake. Abu dan asap tersebut mempengaruhi lalu lintas udara sebagai alat transportasi para pebalap dan kru tim F1 ke Jepang.

Belum selesai masalah tersebut, sekarang muncul peringatan ancaman topan yang dikeluarkan otoritas cuaca Jepang. Dilaporkan akan ada topan dengan nama Phanfone yang bisa mencapai daratan Jepang di akhir pekan dan berpotensi jadi gangguan GP Jepang.

Lembaga cuaca Jepang, MeteoGroup, menegaskan bahwa topan kemungkinan akan bergerak dan bisa membuat kondisi buruk di wilayah Suzuka, tempat berlangsungnya balapan. Belum dirilis berapa kecepatan angin yang dianggap berbahaya buat para pebalap saat berada di lintasan.

"Kondisi cuaca akan memburuk, meski diprediksi angin tidak terlalu besar. Bila semakin dekat, badai bisa merusak atau mengganggu sirkuit," kata juru bicara MeteoGroup seperti diberitakan Mirror, Jumat (3/10/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com