Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Agya, Monas-Sudirman Hanya 5 Menit

Kompas.com - 23/09/2014, 16:05 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mau tahu rasanya mengemudi secara virtual dan menikmati kosongnya jalanan Ibu Kota? Coba mampir ke pojok booth Toyota, di sana tersedia Toyota Simulator dengan satu unit mobil Astra Toyota Agya.

KompasOtomotif menyempatkan diri merasakan langsung sensasi berkendara virtual. Sebelum berkendara, harus mengisi registrasi terlebih dulu sebagai data peserta. Setelah itu masuk ke kabin dan duduk di belakang kemudi dan memakai kacamata khusus.

"Menggunakan kacamata Oculus ini khusus menampilkan situasi jalanan tiga dimensi. Nanti akan seperti berada di ruas jalan Jenderal Sudirman sampai ke Monas sebagai garis finish. Lama perjalanan sekitar lima menit," jelas Irfan, petugas Toyota Simulator saat menjelaskan cara kerja alat tersebut, Selasa (23/9/2014).

Situasinya dibuat benar-benar mirip dengan kenyataan. Di balik kacamata terlihat batang kemudi Agya, lalu bisa melihat kabin belakang, bahkan kendaraan lain melalui kaca spion. Bila tidak hati-hati, mobil bisa mengalami kecelakaan saat sedang berjalan.

"Paling banyak peserta Toyota Simulator ini di akhir pekan, Minggu lalu sampai sekitar 80 peserta. Mereka penasaran dengan alat yang ada di Agya ini, meski rasanya memang tidak terlalu mirip karena ini setting-an komputer seperti game," lanjut Irfan.

Agya dipilih menjadi objek Toyota Simulator agar sesuai dengan konsepnya sebagai kendaraan di kota besar seperti Jakata yang irit bahan bakar. Selama gelaran IIMS 2014 ini, Agya memang menjadi salah satu andalan Toyota sebagai mobil yang dipajang, termasuk digunakan untuk simulator berkendara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com