Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maserati Indonesia Siapkan SUV Pesaing Macan

Kompas.com - 11/09/2014, 11:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah resmi ditunjuk sebagai importir resmi dan meluncurkan Ghibli, PT Auto Trisula Indonesia (Maserati Indonesia) langsung tancap gas menyiapkan langkah strategis. Demi mengejar target penjualan lokal dan global, tahun depan bakal diluncurkan tipe SUV.

Dipastikan SUV tersebut adalah Levante, yang saat ini mulai diuji di Eropa. Produksi model tersebut akan dimulai awal 2015 di Italia, dan didistribusi pertengahan tahun. ”Sampai Indonesia akhir tahun depan,” urai Fransiska Renata, CEO Maserati Indonesia, di Jakarta, (10/9/2014).

Dijelaskan Fransiska, Levante sangat berpeluang lebih banyak meraih simpati masyarakat Indonesia, karena selain jenis SUV, premium sedan tren sedang baik. Khususnya kapasitas mesin di bawah 3.000cc, sehingga terhindar dari pajak impor barang mewah yang mencapai 125 persen.

Macan
Ketika ditanya apakah akan bersaing langsung dengan Porsche Macan? ”Sepertinya begitu,” celetuk Fransiska.

Levante adalah perwujudan konsep Kubang yang pernah tampil di Frankfurt Motor Show 2011. Pengembangannya tak kunjung usai, namun belakangan model ini sudah mulai berkeliaran di Eropa untuk melakukan tes.

Produsen mobil mewah asal Italia itu memang tak punya pengalaman dan sejarah membuat SUV. Produk-produk lansirannya selalu sedan yang mengutamakan kemewahan serta kekuatan mesin. Namun pergeseran selera pasar membuat Maserati harus memikirkan cara untuk mendongkrak penjualan. Terlebih, saat ini target 50.000 unit setahun harus sudah dicapai pada 2018.

Berbasis Maserati Ghibli, Levante akan sangat menarik. Mesin V6 bertenaga 350 tk dan 425 tk. Disediakan pula mesin V8 bertenaga 560 tk, diesel 250 tk, 275 tk, dan 340 tk. Mobil ini akan dikemas di di pabrik Mirafiori, Turin, Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com