Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mobil Kembangkan Teknologi "Derek Maya"

Kompas.com - 05/09/2014, 16:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif — Honda akan memperkenalkan teknologi automated highway driving  di World Congress on Intelligent Transport Systems pada 7-11 Oktober 2014, di Detroit, Amerika Serikat (AS). Teknologi ini diperkenalkan sebagai bagian dari pengembangan mobil otonomos.

Dikutip dari mfrtech.com, Kamis (4/9/2014), teknologi ini merupakan pengembangan dari fitur cruise control dan lane departure. Penggunaannya di jalan raya akan diuji di salah satu ruas jalan sepanjang 12,8 km di Detroit.

Elemen kunci yang coba dicapai adalah kemampuan mengatasi kebutuhan pengereman, bertahan di jalur, dan adaptasi kecepatan saat di jalur bebas hambatan.

Fitur lane-level hazard dan automated lane change akan menggunakan sistem vehicle-to-vehicle (V2V) untuk memperingatkan pengemudi bila ada rintangan. Selain itu, jika dibutuhkan atau dalam kondisi bahaya, setir bisa membelokkan roda secara otomatis.

“Derek maya“
V2V juga punya kemampuan "derek maya". Ide ini diciptakan untuk membantu pengemudi yang sedang mengalami gangguan kesehatan. Dijelaskan, bila pengemudi butuh bantuan (misalnya, terkena serangan jantung atau stroke), ia bisa meminta pertolongan kepada mobil lain yang juga memiliki V2V.

Bila terkoneksi, mobil bisa berjalan di belakang mobil penolong seperti sedang diderek, tetapi tanpa menggunakan pengait, hanya mengandalkan sistem V2V. Fitur ini bisa digunakan hingga ke tempat aman, misalnya ke rumah sakit. Teori lain, teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengurangi potensi kecelakaan yang timbul dari kesalahan pengemudi mabuk.

Sepeda motor dan pejalan kaki
Tidak cuma itu, Honda juga mengembangkan ide lain dari V2V, yaitu vehicle-to-motorcycle (V2M), vehicle-to-pedestrian (V2P), dan vehicle-to-bicycle (V2B). Tujuannya untuk membuat perjalanan aman bagi semua orang.

"Kreasi dan pengembangan sistem transportasi pintar merepresentasikan cara baru agar suatu saat nanti tidak ada lagi tabrakan saat berlalu lintas, cedera, bahkan kematian. Kami akan mendemonstrasikan visi kami untuk mewujudkan mimpi Honda dalam menciptakan lingkungan bebas tabrakan dengan terus memamerkan inovasi teknologi," kata Frank Paluch, President of Honda R&D Americas, Inc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com