Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Pelajari Teknologi Hibrida

Kompas.com - 02/09/2014, 17:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif - Lambang performa milik Lexus, F, telah berdiri cukup lama sejak terbentuk pada 2006. Sekarang mereka mengatakan sudah saatnya memasuki babak baru dengan mengembangkan teknologi hibrida agar bisa bersaing dengan divisi lain, yakni AMG dan M.

Saat ini F hanya menawarkan mesin V8 5.0L buat model RC F Coupe. Versi awal mesin itu sebelumnya telah digunakan pada sedan IS F. Sistem hibrida mengombinasikan dua tenaga mesin bakal menjadi ciri khas Lexus yang membedakan dari dua rival asal Jerman. Teknologi ini sedang dipelajari di Toyota Motorsport GmbH (TMG) di Jerman.

“Bila ingin menempatkan hibrida sesuai jalur, butuh sedikit pengembangan lebih jauh dibanding pengujian biasa. Bila kami menggunakan konfigurasi hibrida yang ada sekarang kita akan cepat menghabiskan baterai, jadi butuh kapasitor besar untuk mengembalikan kelistrikan dengan cepat,” jelas Kepala Insinyur Divisi F, Yukihiko Yaguchi, seperti diberitakan Motoring, Senin (1/9/2014).

Super kapasitor sebenarnya telah dikembangkan Toyota untuk mobil khusus balapan Le Mans TS040 yang dikembangkan TMG. Yaguchi menjelaskan bukan tidak mungkin kapasitor tersebut digunakan untuk mobil produksi. “Kami sedang mempelajari hal ini. Tapi yang jelas kami akan mengembangkan teknologi ini untuk diaplikasikan ke unit produksi,” kata Yaguchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com