Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo XC90 Diuji sampai Terguling [Video]

Kompas.com - 03/09/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Top Speed

Gothenburg, KompasOtomotif - Mobil pertama Volvo dalam ambisi mengejar merek mobil teraman sedunia, crossover XC90, telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Tidak perlu waktu lama, Volvo langsung membuktikan ketangguhan lewat video yang menampilkan serangkaian uji keselamatan.

Tes pertama, uji tabrak dari depan dalam kecepatan 64 kpj. Saat sebagian wajah mobil menyentuh pembatas, bagian yang terlihat berkerut melakukan tugasnya, yakni menjauhkan sebagian besar energi tumbukan jauh dari kabin. Bagian pintu dan kaca depan aman, tidak terlihat ada perubahan akibat tabrakan.

Kedua, tes tabrak samping. Mobil ditabrak objek berkecepatan 56 kpj. Seketika kedua pintu samping terdorong ke dalam dan kantong udara terbuka. Boneka di dalam kabin terhindar dari benturan langsung panel pintu ataupun bagian jendela.

Pengujian yang terakhir cukup menarik. Mobil didorong dari arah samping hingga terguling. Namun yang mengesankan, struktur atap terlihat tetap bertahan sementara kantong udara terbuka buat melindungi penumpang.

Selain perangkat keselamatan aktif, XC90 juga punya sistem pasif yang bisa membantu menghindari dari kemungkinan kecelakaan. Meski belum diuji resmi oleh Insurance Institute for Highway Safety atau National Highway Traffic Safety Administration di AS, sepertinya tidak ada masalah mendapatkan rating tertinggi.

Hal ini juga menandakan Volvo serius ketika mengatakan mulai 2020 tidak ada satu orang pun yang akan meninggal atau cedera serius bila menggunakan mobil baru Volvo. Keselamatan adalah dasar utama membangun kendaraan. Salah satu ide yang kini digunakan sebagai perlengkapan standar mobil, sabuk pengaman yang diperkenalkan pada 1959.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Top Speed


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com