Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersua Legenda Balap dan Mobil Terlaris Mazda

Kompas.com - 27/08/2014, 09:00 WIB
Wisnubrata

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas dua legenda Mazda yakni Cosmo Sport dan RX-3. Pada perjalanan di Mazda Museum selanjutnya, KompasOtomotif melihat dari dekat legenda lain seperti RX-7 dan 323 Familia.

Mazda RX-7
Legenda Mazda yang dipajang adalah Savanna RX-7 lansiran 1978 hingga 2002, dengan lampu depan khas buka-tutup. Mobil bermesin rotary 1.146 cc ini dianggap sebagai pengganti ideal RX-3, dengan tampilan yang lebih sporty.

Diproduksi sebanyak 811.634 unit, dan beberapa kali dinobatkan sebagai mobil terbaik. RX-7 menjadi salah satu andalan Mazda di ajang balap. Keunggulan mobil rancangan Matasaburo Maeda ini adalah bobotnya yang ringan, dan posisi mesin di belakang as depan. Konfigurasi ini mampu menyeimbangkan bagian depan dan belakang mobil.

RX-7 adalah mobil Mazda pertama yang mengikuti balap ketahanan 24 jam Le Mans, sebelum digantikan seri 717C. Mazda akhirnya memenangi kejuaraan ini pada 1991 dengan mobil 787B, dan menjadi pabrikan Jepang pertama yang menjuarai Le Mans.

Ajang lain yang pernah diikuti adalah 24 Hours of Daytona. RX-7 juga menang di seri GTU, berbagai balap IMSA, serta GT2 Road Racing Championship pada 1998. Tercatat juga pernah ambil bagian di Spa 24 Hours, British Touring Car Championship, Australian Touring Car Championship, hingga World Rally Championship. Pendek kata, RX-7 adalah salah satu mobil Mazda yang paling banyak mencicipi aspal sirkuit.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda 323 Familia
Mazda 323 Familia
Selain deretan mobil sport, yang tak kalah menarik adalah Mazda 323, mobil Mazda terlaris yang juga populer di Indonesia. Mobil generasi ke-empat dalam keluarga Mazda Familia ini, diproduksi pada periode 1980 sampai 1984. Sementara keluarga Familia sendiri diproduksi antara 963 hingga 2003 dengan berbagai seri, yang terakhir adalah Mazda 323 generasi delapan.

Kompas.com/Wisnubrata Mobil balap Mazda 787B, mobil Jepang pertama yang menjuarai lomba 24 jam Le Mans.
Mazda 787B
Selain mobil penumpang, legenda Mazda lainnya yang dipajang adalah mobil balap 787B. Berstatus sebagai legenda karena 787B mampu menjadi juara di ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans pada 1991 silam.

787B adalah mobil buatan Jepang pertama yang mampu menaklukkan Le Mans. Tetapi akhirnya mobil ini tidak boleh mengikuti balapan pada musim selanjutnya, karena ada aturan yang melarang penggunaan mesin rotary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com