Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L

"Menjelajah" di Ruang Kabin Fiesta EcoBoost

Kompas.com - 14/08/2014, 11:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - "High on diesel and gasoline, psycho for drum machine shaking their bits to the hits.." lagu Beautiful Ones dari band asal Inggris, Suede sedang mengalun pelan. Seketika awak KompasOtomotif langsung menaikkan volume sampai level 15, untuk merasakan dentuman audio Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L.

Hasilnya, irama musik sangat nyaman diterima di telinga, berkat enam speaker dan tweeter yang terletak di trim pintu depan. Semuanya diberikan sebagai penyempurna sistem audio 2-Line Display berkapabilitas CD, USB, AUX Input serta fitur SYNC sebagai penghubung dengan smartphone.

Sisi interior menjadi bahasan lain dalam sesi media test drive Fiesta EcoBoost 1.0 L yang digelar PT Ford Motor Indonesia (FMI), di Bali, pada 11-13 Agustus 2014. Masuk kabin, kesan sport dan mewah langsung menyergap.

Bagian depan didominasi warna hitam seperti pada dashboard, trim dan jok. Terinspirasi gaya ponsel dengan layar informasi di tengah, sistem audio, pengaturan AC, hingga tuas transmisi. Semua berpadu dalam satu garis yang membelah di tengah dashboard. Batang kemudi berbalut kulit plus aksen metalik, sudah dilengkapi dengan kontrol audio. Sedangkan tombol start/stop ada di belakang kemudi sebelah kiri, sementara pengaturan lampu ada di sebelah kanan. 

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Dashboard terinspirasi gaya ponsel dengan audio dan layar informasi di tengah.
Sentuhan akhir pada bagian atas panel instrumen yang mengilap, mengalir ke konsol tengah bagian bawah dan direplikasi pada panel pintu. Panel instrumen dua nada, menciptakan kesan luas dan lapang. Pencahayaan Ice Blue khas Ford dihadirkan menerangi tombol dan tampilan.

Jok semi-bucket di bagian depan, dengan desain baru ditawarkan dengan bahan kulit parsial dan kain. Tak sulit mencari posisi ternyaman saat duduk di kursi depan, baik berada di belakang kemudi, ataupun sebagai penumpang depan. Ruang kaki di depan juga masuk dalam kategori lega.

Kabin belakang
Puas duduk sebagai penumpang depan, saatnya merasakan sentuhan di kabin belakang. Sedikit catatan, ruang kaki kabin belakang ternyata tidak terlalu luas buat penumpang dengan postur 170 cm ke atas, dimana lutut langsung bertemu dengan jok depan.

Sandaran kepala di jok belakang terasa terlalu tegak yang bisa berpotensi cepat lelah untuk perjalanan jauh. Bagian belakang tanpa cup holder di trim pintu. Pilihannya, menempatkan botol atau barang kecil lainnya di ujung kompartemen tengah, atau saku pada bagian belakang jok depan.

Poin plus pada kabin adalah kesenyapan. Saat pintu dan kaca tertutup rapat, putar audio dengan volume yang dibutuhkan, penumpang hanya akan mendapatkan sedikit celah suara dari luar kendaraan.

Penasaran dengan eksterior Fiesta EcoBoost 1.0 L yang sporty? klik di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com