Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunikan Karakter Mesin EcoBoost Milik Ford

Kompas.com - 13/08/2014, 08:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - Menggunakan mesin tiga silinder, tak lantas membuat Fiesta EcoBoost 1.0 L sama dengan mesin tiga silinder pada umumnya. PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengklaim, model ini punya keunggulan yang tidak dimiliki mesin dengan tiga, bahkan empat silinder.

FMI biasa mendapatkan pertanyaan dari calon konsumen bahwa mesin tiga silinder identik dengan tenaga kecil, dan suara mesin yang berisik. Gumgum Prijadi, Marketing Director PT FMI menegaskan, tiga silinder EcoBoost 1.0 L pada Fiesta ini punya poin plus layaknya mesin diesel dan mesin bensin.

"Tenaganya besar di putaran bawah seperti diesel, dan stabil di putaran atas seperti mesin bensin. Selain itu, bisa dirasakan juga kalau mesin ini senyap tidak seperti mesin tiga silinder pada umumnya. Rancangan pada flywheel (roda gila), damper dan engine mounting didesain sedemikian rupa agar minim getaran dan suara," jelas Gumgum saat media test drive Fiesta EcoBoost 1.0 L di Bali, Selasa (12/8/2014).

Gumgum melanjutkan, akselerasi dari posisi diam sampai ke angka 100 kpj tembus di angka 11,4 detik, lalu kecepatan tertinggi mencapai 192 kpj. "Dengan angka akselerasi dan top speed tersebut, bisa dibayangkan seperti apa kekuatan mesin EcoBoost 1.0 L. Pastinya, ketika ada di belakang kemudi, pasti pengendara tidak menyangka bahwa ini mesin 1.000cc dengan tiga silinder."

Kelebihan mesin kecil inilah yang coba diperkenalkan FMI kepada publik Indonesia, khususnya yang mencari hatchback mungil dan lincah, fitur lengkap dengan kekuatan mesin terbaik di kelasnya. Meski harga jual Fiesta EcoBoost 1.0 L di atas rata-rata, yakni Rp 246 juta versi transmisi manual, dan Rp 256 juta buat versi transmisi otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com