Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KTM 1290 Super Adventure

Bocoran Tampang ”Penjelajah Super” dari KTM

Kompas.com - 10/08/2014, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Mattighofen, KompasOtomotif – KTM 1190 Adventure selalu membayangi BMW R1200GS dalam hal fitur dan kecanggihan. Namun petualang dari Jerman masih menungguli penjelajah asal Austria dari sisi penjualan. Itulah sebabnya, KTM mulai memikirkan cara untuk mengungguli sang rival, meski harus menggunakan mesin yang lebih besar.

Paling baru, tertangkap kamera, ”penjelajah super” dari KTM sedang dikendarai di Monaco. Foto diunggah oleh anggota forum KTMMania.net dengan nickname mentounasc. Dari emblem, teridentifikasi bahwa model tersebut 1290 Super Adventure, versi dengan kubikasi lebih besar dari 1190 Adventure.

Diperkirakan, mesin menggunakan tipe 1.301cc, V-Twin, 75 derajat yang juga dipakai 1290 Super Duke R. Jika dilihat dari tes dyno, mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 156 tk, atau 26 tk lebih besar ketimbang mesin 1.195cc V-Twin yang dipakai 1190 Adventure.

Tampang sekilas hanya sebatas fairing dan sedikit bagian depan. Tampak penutup mesin itu punya desain baru dengan lubang angin yang lebih besar, terletak persis di ujung dengkul pengendara. Stripping juga semakin manis, menyesuaikan dengan warna bodi yang kebetulan putih.

Tameng udara juga lebih tinggi, menawarkan perlindungan terhadap hembusan angin lebih baik. Tangki bahan bakar tampak lebih besar. Kemungkinan besar KTM akan meluncurkan produk ini pada Oktober 2014 mendatang, bertepatan dengan ajang Intermot yang digelar di Jerman, atau beberapa minggu kemudian lewat hajatan EICMA, di Milan, Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com