Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj 400 Series, Sportbike Medium "Bernapas" KTM

Kompas.com - 06/02/2014, 14:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

motorbeam Lampu depan menggunakan model proyektor.

New Delhi, KompasOtomotif – Setelah muncul beberapa kali lewat spyshoot, sosok sportbike medium Bajaj akhirnya dipamerkan di Delhi Auto Expo 2014, di New Delhi, India, yang dimulai (6/2/2014). Produsen asli India yang kini bekerja sama dengan KTM itu "menelurkan" Pulsar 400 Series, terdiri dari tipe ber-fairing dinamai SS400 dan versi naked diberi label CS400.

Sebelumnya, sepeda motor ini digosipkan sebagai Pulsar 200NS versi fairing, yang sempat hadir  dalam foto-foto ”colongan”. Ternyata spekulasi itu meleset, Bajaj memasukkannya dalam kategori sportbike medium. Meski masih konsep, tapi dikatakan mesin berbagi teknologi dengan KTM Duke 390, tipe satu silinder berpendingin cairan.

Keduanya dibekali rem yang menggunakan teknologi ABS, serta suspensi monosok di belakang. Nama "Pulsar" masih dipertahankan, dan kabarnya akan diproduksi dalam waktu dekat.

Pulsar SS400
Persis seperti dalam spyshoot, versi fairing ini mempunyai dua lampu proyektor. Di atas terdapat LED yang berfungsi sebagai Daytime Running Lights (DRL) berbentuk seperti alis. Di atasnya masih ditambah lagi grafis yang membuat muka kelihatan lebih agresif.

Desain futuristik dengan banyak garis tegas pada fairing. Yang unik, lampu belakang LED diletakkan pada spakbor, bukan di bodi. Suspensi teleskopik melengkapi kegagahan di kaki-kaki depan.

motorbeam Versi telanjang Pulsar 400, CS400.
motorbeam Lampu depan single, dengan konfigurasi cantik di dalamnya.

Pulsar CS400
Mengakomodasi keinginan sepeda motor yang lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh, diciptakan CS400. Tongkrongan lebih tegak, dengan posisi duduk yang dijanjikan lebih ergonomis. Lampu depan single-nya terdiri dari lampu utama dikombinasi LED sebagai DRL. Lampu sein ada di dekat setang.

Garis-garis tajamnya tetap dipertahankan, ditemui pada shroud di bawah tangki. Bedanya ada di bagian belakang, dengan desain lebih pendek. Lampu belakang mempertahankan ciri khas Bajaj dengan dua sisi LED yang dipasang vertikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com