Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil dengan Radar Laser Segera Dijual

Kompas.com - 08/08/2014, 10:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

San Francisco, KompasOtomotif - Produsen komponen otomotif asal Jerman, Robert Bosch menyatakan siap menjual radar berbasis laser mulai 2020. Komponen otomotif ini disebut lidar dan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan prinsipal otomotif terhadap radar, jelang bergulirnya teknologi otonomos.

Saat ini, mulai banyak pabrikan otomotif menawarkan kelengkapan fitur berkendara untuk meringankan beban pengemudi. Sebut saja, adaptive cruise control yang masih sangat bergantung pada fungsi kamera dan radar tradisional.

Tapi, nyatanya beberapa merek ternama dunia sudah mulai menggunakan lidar. Radar ini memanfaatkan pancaran cahaya ketimbang gelombang radio, untuk menangkap gambar resolusi tinggi yang dibutuhkan pada teknologi otonomos.

Kini, Jan Becker, Manajer Senior divisi Teknologi Otonomos Bosch mengatakan, sensasi 360 derajat perlu diketahui bagi mobil yang bisa berkendara tanpa kendali supir. Untuk memenuhi tuntutan ini, Bosch menyiapkan komponen baru sistem lidar mulai 2020.

"Kami optimis akan membutuhkannya di masa depan," jelas Becker di ajang Automated Vehicles Symposium, di San Fransisco, pertengahan Juli lalu, dilansir Automotive News Europe (7/8/2014).

Steffen Linkenbach, Direktur Rancang Bangun Sistem dan Teknologi Bosch di Amerika Utara mengatakan, Contenintal sudah menjual sistem lidar untuk kegunaan kelengkapan keselamatan pada mobil. Fungsinya, mencegah terjadi kecelakan ketika berkendara di dalam kota. Tapi, kelemahan sistem ini hanya efektif digunakan dalam kecepatan rendah, di bawah 19 mph (30,5 kph) saja.

Potensi pasar
Pemasok lidar ternama saat ini adalah Velodyne Incorporated dari San Fransisco, yang memasok kebutuhan pada prototipe buatan Google. Wolfgang Jushmann, Direktur Penjualan dan Pemasaran Velodyne mengatakan, jumlah penjualan lidar berkisar ratusan unit per tahun, tanpa mau menyebut angka pasti.

Sekitar 90 persen dari seluruh produsen mobil global sekaligus perusahaan pemasok komponen membeli lidar dari Veldoyne setidaknya satu unit untuk kebutuhan riset dan pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com