Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"All New" Smart Hapus Kesan Lucu

Kompas.com - 17/07/2014, 12:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Berlin, KompasOtomotif - Setelah sempat menggoda dengan beberapa bocoran di internet, akhirnya Daimler AG resmi memperkenalkan generasi terbaru Smart. Mobil mini berpenumpang irit tersebut, kini tampil lebih macho, seolah mencoba menghilangkan kesan "lucu" yang selama ini melekat.

Smart diperkenalkan dalam dua model sekaligus, generasi ketiga ForTwo (dua penumpang) dan generasi kedua ForFour (empat penumpang). Pabrikan asal Jerman ini berharap, dengan lahirnya generasi baru ini, Smart bisa lebih menggigit di pasar mobil kota (city car) dan terjual laris manis di pasar global.

"Tidak ada yang bisa mengombinasikan fungsional dan emosional sebaik yang kami lakukan, sesuai para penemu mobilitas individu. Generasi terbaru ForTwo dan ForFour mengadopsi konsep yang sudah terbukti, sekaligus menawarkan hampir semuanya, ruang lebih lapang, lebih berwarna, dan perlengkapan lebih," beber Annette Winkler, Kepala Smart, disela peluncuran, Berlin, Jerman (16/7/2014).

Macho
Dari tampilan, kedua model Smart ini terlihat jauh lebih macho ketimbang produk sebelumnya. Bentuk wajah (facia) terlihat tajam dengan desain lampu dengan Day Time Running Light, dipadu grill beraksen krom, dan bemper yang menggelembung. Lampu belakang mengotak dengan jajaran LED di dalamnya.

Lekukan bodi samping semakin mendukung kesan sporty yang coba ditawarkan. Tapi, ubahan paling besar terjadi pada model ForFour, di mana sejak generasi pertama (2004-2006) diproduksi menggunakan platform Mitsubishi Colt. Untuk generasi baru kali ini, menggunakan platform Renault Twingo, sama seperti ForTwo. Sama-sama menggunakan sistem penggerak roda belakang dan mesin di belakang.

Kedua model punya ukuran lebar dan tinggi yang sama, 1.660 mm dan 1.550 mm. Namun berbeda dari jarak sumbu roda dan panjang keseluruhan. Untuk versi dua penumpang lebarnya, 2.690 mm dengan sumbu roda 1.873 mm, sedangkan empat penumpang 4.490 mm dengan wheelbase 2.494 mm.

Selain itu, pintu belakang ForFour kini bisa dibuka hingga hampir 90 derajat sehingga menambah kenyamanan akses masuk-keluar penumpang. Meski mungil, Smart ForTwo masih menawarkan bagasi belakang dengan kapasitas 260 liter, sementara ForFour 185 liter.
Radius putar menjadi salah satu keunggulan mobil ini, diklaim cuma 6,95 meter untuk ForTwo dan 8,65 meter untuk ForFour.

Mesin
Daimler mengumumkan ada dua pilihan mesin untuk kedua model Smart. Pertama, 1.0 liter, 3-silinder bertenaga 72 ps dan torsi 91 Nm. Kedua 0,9 liter, 3-silinder, turbo menghasilkan tenaga 90 ps dan torsi 135 Nm. Selain kedua pilihan ini, Daimler sudah menyiapkan versi lebih kecil dan besar tenaganya.

Juga ada dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis dengan kopling ganda 6-percepatan. Keduanya, menggunakan sistem gerak roda belakang.

Smart berencana mulai dijual di Eropa, November 2014. Banderol diharapkan tetap sama dengan model sebelumnya (ForTwo), sedangkan ForFour ditaksir lebih mahal sekitar 600 euro. Untuk pasar Amerika Serikat, Smart hanya akan memasarkan versi dua penumpang berdasarkan karakteristik konsumen.

Daimler/Carscoop Smart ForFour mengubah paltfom dari sebelumnya menggunakan milik Mitsubishi Colt.
Daimler/Carscoop Interior masih bergaya sporty sesuai kaum urban yang modern.
Daimler/Carscoop Kedua model ini sama-sama menggunakan platform Renault Twingo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com