Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Mini Jeroan “Monster” [Video]

Kompas.com - 28/04/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Batasan modifikasi memang sukar ditentukan. Terlebih bila menyaksikan video yang diunggah akun Keith Pufahl ke Youtube. Rekaman berdurasi 1 menit 16 detik itu menampilkan kreasi total pada “mobil imut”, Smart ForTwo, dengan orientasi drag race.

Operasi yang dilakukan mungkin sedikit “kelewatan”, pasalnya Smart lahir dengan konsep ramah lingkungan. Desain eksterior yang memiliki lekuakan bodi nyaris tanpa sudut, dibuat untuk mengutamakan aerodinamis. Sementara teknologi pada mesin kecil buat efisiensi bahan bakar.

Namun yang telah dilakukan kali ini jauh berbeda bahkan dikategorikan ekstrem. Dijelaskan, posisi mesin yang sebelumnya di belakang kini berada di depan.Bisa terlihat dari ujung knalpot yang berada di belakang ban depan. Tenaga “monster” berasal dari mesin “big block” V8 milik Chevrolet. Mengimbangi ubahan itu, sasis dirombak costum agar lebih kuat.

Carthrottle Smart ForTwo modifikasi drag race dalam kondisi

Carthrottle, pekan lalu, menerbitkan satu foto Smart ForTwo ini dalam keadaan “telanjang”. Dari situ terlihat, rangka pelindung untuk melindungi pebalap yang berada di posisi tengah mobil. Peran bodi Smart hanya menjadi“pakaian”, jadi bisa langsung dicopot bila tidak dibutuhkan.

Rekaman diambil saat pengujian di No Limit Raceway in Morocco, Indiana, Amerika Serikat. Catatan waktu dirasa masih kurang baik, sebab itu pengembangan terus dilakukan. Rekor baru yang dipecahkan adalah 12,2 detik di trek lurus 402 m. Targetnya di bawah 10 detik.

Video.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com