Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimensi Smart Makin Membesar

Kompas.com - 09/06/2014, 19:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Böblingen, KompasOtomotif- Mobil kota dengan desain sangat kompak yang bisa diparkir dimanapun, menjadi alasan utama Daimler menghadirkan model pertama Smart pada 1998. Namun kendala datang kemudian, Daimler mengatakan, dimensinya justru terlalu kecil.

Selama 16 tahun sejak dipasarkan, Daimler harus kehilangan 4,1 miliar dollar AS, kini Smart dirombak total. Pada Juli 2014, Daimler akan memperkenalkan versi penyegaran buat ForTwo, lebarnya bertambah 10 cm. Model standar memiliki panjang 249 cm, lebar 152 cm, dan tinggi 154 cm.  Menyusul kemudian model ForFour dengan konsep hatchback 5-pintu yang muat 4-5 penumpang.

“Pengenalan model baru akan lebih spesial dan menjadi momen penting. Kedua kendaraan ini akan menandai era baru Smart,” jelas Annette Winkler, CEO dan Direktur Smart Automobile, seperti dilansir Bloomberg, pekan lalu.

Salah satu pengamat otomotif dari University of Applied Sciences di Bergisch Gladbach, Jerman, mengatakan, hal itu adalah usaha terakhir Smart. “Mereka hanya memiliki satu kesempatan dan semuanya harus dilakukan dengan tepat,” katanya.

Kedua model itu berstatus All-New. Kendati datang dengan usaha memenuhi permintaan pasar, model lama yang berukuran lebih kompak tetap dipasarkan. Smart ForFour akan menantang Fiat 500, Volkswagen Up!, dan Opel Adam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com