Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bocorkan Generasi Terbaru Prius

Kompas.com - 14/07/2014, 16:31 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Toyota City, KompasOtomotif - Toyota Motor Corporation  (TMC) mulai membocorkan informasi menyangkut generasi terbaru Prius, mobil berteknologi hibrida terlaris di dunia. Prius akan dibekali baterai lithium ion dan mungkin ada tambahan varian penggerak semua roda.

Bocoran ini keluar seiring dengan rencana TMC menunda produksi perdana Prius, rencana hadir musim semi diundur menjadi Desember 2015. Langkah ini dilakukan untuk memastikan semua teknologi baru yang dimiliki Prius beroperasi ideal.

Senior Managing Officer in Charge of Powertrain Development TMC Koei Saga mengatakan, Prius generasi keempat akan ditawarkan dalam dua pilihan baterai. Model nickel-metal hydride untuk varian harga lebih murah dan lithium ion mengisi segmen di atasnya.

Selain itu, Prius juga menambah varian penggerak semua roda dari sebelumnya hanya mengandalkan penggerak roda depan saja. "Saya pikir, kami sepertinya akan melakukan itu," jelas Saga.

Sayang Saga tidak mau membocorkan lebih jauh, baik posisi baterai atau detail lain. Namun, satu hal yang pasti, para insinyur di Toyota menginginkan teknologi hibrida yang ada pada generasi baru Prius, bisa fleksibel digunakan untuk berbagai jenis kendaraan dan platform bodi model lain.

Sistem hibrida ini dikabarkan akan berukuran lebih kecil, ringan, dan efisien. "Jika untuk kendaraan berukuran besar, kami akan menambahkan konsep baru yang lebih spesifik," lanjut Saga.

Baterai
Pilihan baterai ion lithium disiapkan bagi konsumen yang mengininkan jarak tempuh lebih panjang dan kapasitas penyimpanan energi listrik lebih besar. Sedangkan baterai nickel-metal hydride sudah digunakan Prius sejak diluncurkan pertama kali, sejak 1997.

"Baterai akan diperbarui, semuanya akan direvisi ulang. Saya pikir akan menghasilkan ekonomi bahan bakar yang mengejutkan banyak orang nantinya," lanjut Saga.

Toyota juga akan menggunakan teknik arsitektur terbaru, Toyota New Global Architecture. Konsepnya, berbagi komponen sama dengan model lain, demi tercipta mobil yang lebih berkualitas, sekaligus lebih murah biaya produksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com